Jelang Libur Panjang, Pengendara Diimbau Hindari Titik Macet

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 11 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Operator Tol Jakarta-Cikampek mengimbau para pengendara motor untuk menghindari beberapa titik yang rawan kemacetan. Pihak Jasa Marga juga telah menyiapkan langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan.
tirto.id - Menjelang libur panjang Hari Raya Waisak 2017, operator Tol Jakarta-Cikampek mengimbau pengendara untuk menghindari sejumlah lokasi yang berpotensi terjadi kemacetan lalu lintas.

"Sedikitnya ada tiga penyebab yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Masing-masing di Simpang Susun Cikunir, Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) serta kemacetan akibat gangguan lalu lintas," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek M Icksan Kartika di Bekasi, Rabu (10/5/2017).

Menurut Icksan, koridor Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu jalur transportasi strategis sebagai jalur distribusi arus barang dan jasa yang menuju maupun keluar Jakarta dari wilayah Jawa Barat.

"Beban lalu lintasnya memang tergolong padat dengan rata-rata lalu lintas harian mencapai 600 ribu unit kendaraan sehingga sensitif terjadi kepadatan," katanya.

Namun demikian, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan di sejumlah lokasi yang berpotensi.

Misalnya di Simpang Susun Cikunir yang menjadi arus pertemuan kendaraan dari Jakarta menuju Bekasi atau Cikampek.

"Kita akan melakukan buka tutup moveable concrete barrier pada marging ramp 5 dan ramp 1. Lalu menjaga kosistensi jumlah lajur sepanjang kolom jembatan layang serta di bawahnya. Kita juga akan menambah kapasitas lajur dari Jatiasih dan Cawang," katanya.

Bila kemacetan bertambah parah, kata Icksan, akan dilakukan pengalihan sebanyak 30 persen golongan 1 yang menuju Cikampek dari lingkar luar Jakarta menuju gerbang tol Kalimalang 2 dan 70 persen tetap melalui ramp 5.

Dikatakan Icksan, antisipasi kemacetan di tempat peristirahatan berupa sistem buka tutup jalur masuk untuk TIP arah Cikampek di KM19, KM33, KM39, KM57.

Antisipasi yang sama juga diberlakukan bagi TIP yang mengarah ke Jakarta yakni KM62, KM52 dan KM42.

"Kita juga akan tambah toilet permanen di TIP arah Cikampek dan bekerja sama dengan RS Rosana Bekasi untuk poliklinik gratis," katanya.

Selain itu pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa lalin lawan arah atau contraflow di KM32 hingga KM41 dan KM52 hingga KM61 bila situasi kemacetan bertambah parah.

Selama arus libur panjang nanti, pihaknya juga menempatkan personel gabungan lalu lintas dari kepolisian, Dishub, tenaga medis, petugas pemeliharaan hingga petugas penerangan jalan umum.

Baca juga artikel terkait WAISAK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight