Jelang Final Liga Champions 2018, Real Madrid Masih Perlu Evaluasi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 20 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hasil imbang melawan Villarreal membuktikan El Real belum sepenuhnya siap menyambut partai puncak Liga Champions melawan Liverpool.
tirto.id - Real Madrid bakal melakoni laga penghabisan pada final Liga Champions melawan Liverpool di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018) dini hari waktu Indonesia. Namun, jelang pertandingan penting tersebut skuat asuhan Zinedine Zidane mendapatkan hasil tidak maksimal.

Menghadapi Villarreal dalam laga pamungkas Liga Spanyol di Estadio de la Ceramica, Minggu (20/5/2018) dini hari, El Real hanya mampu bermain imbang 2-2. Padahal, dalam laga itu sejumlah pemain bintang termasuk Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale ikut bermain.

Performa tim pada babak kedua menjadi aspek penentu dalam hasil tak maksimal Madrid. Sempat unggul dua gol di babak pertama, kelengahan para pemain pada paruh kedua membuat gawang Luca Zidane kebobolan dua kali.

"Kami bagus di babak pertama, tapi pada babak kedua kami berpikir tentang laga final [lengah pada lawan]. Ketika hal itu terjadi, tim lawan bisa menyulitkan Anda. LaLiga tidak berjalan baik bagi kami di awal, tapi kami finis dengan baik. Kami memiliki laga terbesar yang akan datang dan kami akan menikmatinya," tutur Zidane seperti dikutip situs resmi klub.

Hasil imbang tersebut tentu menjadi peringatan bagi El Real jika ingin mewujudkan ambisi meraih gelar Liga Champions untuk kali ketiga beruntun. Terlebih, calon lawan mereka, Liverpool tampil apik dalam laga terkini mereka.

Menjamu Brighton dalam pekan penutup Liga Inggris musim lalu, skuat asuhan Jurgen Klopp menang telak dengan skor 4-0.

"Kami telah mencoba yang terbaik untuk memikirkan laga final [melawan Liverpool]. Sekarang, saatnya kami berkonsentrasi," tutur bek Real Madrid, Raphael Varane seperti dikutip Marca.

Punggawa Real Madri lain, Dani Carvajal mengatakan tak ingin berlarut kecewa dengan hasil melawan Villareal. Menurutnya, hasil laga melawan Villarreal justru harus disikapi dengan perbaikan agar situasi serupa tak terulang pada final Liga Champions akhir pekan ini.

"Ini dapat dimaklumi mengingat kami berlatih sangat giat dan intens pekan ini. Kami memberikan yang terbaik yang kami bisa," pungkas Carvajal.

Jika mampu memenangkan Liga Champions akhir pekan depan, maka Real Madrid tak hanya akan mencatatkan diri sebagai klub peraih gelar tersebut tiga kali beruntun. Lebih dari itu, El Real bakal memperpanjang rekor mereka sebagai klub dengan trofi Liga Champions terbanyak sepanjang sejarah. Saat ini, klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu itu tercatat 12 kali menjuarai Liga Champions.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan