Copa America 2019

Jelang Chile vs Peru, Vidal: Impian Kami Juara Tiga Kali

Oleh: Gilang Ramadhan - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga semifinal Copa America 2019 Chile vs Peru akan dilangsungkan pada Kamis (4/7/2019) di Arena do Gremio.
tirto.id - Jelang laga Chile vs Peru dalam lanjutan babak perempat final Copa America 2019 pada Kamis (4/7/2019), Arturo Vidal menyebut misi La Roja adalah menjuarai turnamen untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Chile masih berada di jalur positif untuk mencetak rekor sebagai negara kedua setelah Argentina 1945-1947, yang mampu menjadi juara Copa America tiga kali beruntun. Sejak era Copa America tahun 1975, belum ada negara yang mampu mengangkat trofi tiga kali beruntun.

"Impian kami adalah menjadi juara dan menjadikan sejarah sebagai juara tiga kali Amerika. Itulah sebabnya kami bekerja, tetapi hal pertama adalah menghadapi pertandingan sulit yang akan kami hadapi dengan Peru," ungkap Vidal pada konferensi pers jelang laga.

"Kami harus membuat permainan yang cerdas, bahkan lebih baik dari apa yang kami lakukan ketika melawan Kolombia."

Selaku juara bertahan kompetisi dalam dua edisi terakhir, Chile sedikit kurang diperhitungkan lantaran gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Sebelum memulai turnamen pada 18 Juni kemarin, La Roja hanya memenangkan 5 laga dari 13 pertandingan persahabatan (4 Kalah 4 Imbang).


Bahkan, mereka menelan kekalahan 0-3 dari sang calon lawan, Peru pada pertandingan persahabatan Oktober 2018.

"Pertama, ini bukan tentang balas dendam untuk kita. Pertandingan persahabatan akan disesuaikan untuk tim nasional, untuk melihat bagaimana para pemain," imbuh mantan gelandang Juventus dan Bayern Munchen itu.

"Apa pun yang terjadi melawan Peru adalah hal biasa di sepakbola dan kami tidak memiliki perasaan keras terhadap mereka. Pertandingan ini berbeda, semi final, dan akan bersejarah bagi kami untuk mencapai final. Itulah satu-satunya tujuan kami."

Chile memang masih diisi 12 pemain yang menjuarai turnamen edisi sebelumnya dan 9 di antaranya memperkuat skuat saat juara di edisi 2015. Selain itu, sang rival Peru hanya lolos ke babak perempat final sebagai peringkat tiga terbaik setelah kalah telak 0-5 dari Brasil di laga terakhir grup A.

Akan tetapi, Peru tetap bukan lawan yang enteng. La Rojiblanca menjadi salah satu dari lima wakil CONMEBOL yang lolos ke Piala Dunia 2018, yang mana Chile sendiri tak mampu lolos. Peru pun berhasil mencatatkan capaian lolos ke babak semifinal Copa America untuk ketiga kalinya dalam empat edisi terakhir.

Terbaru, mereka tundukkan Uruguay lewat babak adu penalti, tanpa mencetak satu pun shots on target di waktu normal pertandingan.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight