Jejak Karier Jin BTS yang Berulang Tahun Hari Ini, 4 Desember 2019

Oleh: Yulaika Ramadhani - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jin BTS berusia 27 tahun (menurut perhitungan Barat) pada tanggal 4 Desember 2019
tirto.id - Ulang tahun Jin BTS menjadi trending topic di Twitter hari ini, Rabu 4 Desember 2019. Army (sebutan penggemar BTS) turut merayakan hari ulang tahunnya dengan mengambil alih 16 dari 20 topik top tren global di Twitter, sebagaimana dilansir Soompi.

Beberapa tagar top tren global di Twitter di antaranya #JINDAY, #HappyJinDay, #TonightAndAlwaysWithJin, #HappyBirthdayJin, dan masih banyak lagi.

Jin BTS berusia 27 tahun (menurut perhitungan Barat) pada tanggal 4 Desember 2019. Kim Seok Jin atau dikenal Jin BTS, mengawali kariernya di dunia musik dengan debut bersama boy group BTS pada 2013 lewat single album bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Sepanjang karirnya bersama BTS, Jin juga kerap kali tampil di aktivitas solo seperti menyanyikan original soundtrack (OST) bejudul “Its: Definitely You” untuk drama Hwarang: The Pout Warrior Youth (2017).

Kim Seok-jin juga telah tampil beberapa kali sebagai co-host untuk acara penghargaan musik Korea, seperti Music Bank dan Inkigayo.

Kemudian pada 4 Juni 2019 lalu, Jin merilis lagu balada solo berjudul "Tonight" sebagai bagian dari acara perayaang ulang tahun debut BTS, bertajuk BTS Festa 2019.

Lagu Balada akustik itu disusun oleh Jin sendiri, bersama dengan produser rekaman Big Hit Entertainment Slow Rabbit dan Hiss Noise. Lirik, yang ditulis oleh Jin dan RM, terinspirasi oleh hubungan Jin dengan hewan peliharaannya, demikian mengutip Billboard.

Music video (MV) lagu “Epiphany” yang dibawakan Jin BTS berhasil tembus 50 juta views di YouTube ibighit pada Rabu (7/8/2019). MV lagu ini pertama dirilis pada 9 Agutus 2018 pukul 22.00 WIB di YouTube. MV ini tembus 50 juta views dalam kurun waktu 11 bulan 28 hari.

Lagu “Epiphany” sendiri merupakan lagu pembuka untuk album BTS bertajuk Love Yourself: Answer (2018).

Meski tidak langsung melejit di awal kemunculannya, BTS mampu menjadi ikon K-Pop dunia setelah PSY yang mampu masuk Top 10 dari daftar Hot 100 Billboard. Dengan lagu berjudul 'Fake Love' dari album 'Love Yourself: Tear' mereka sempat nangkring di urutan 10 daftar tersebut. Sebagai catatan, PSY pernah meraih kesuksesan dengan duduk posisi ke-2 selama tujuh minggu di tahun 2012 dengan 'Gangnam Style' dan di tangga lagu ke-5 pada tahun 2013 dengan 'Gentleman.'


Dilansir Korea Herald yang mengutip AFP, Hyundai Research Institute melaporkan dampak dari ketenaran BTS merambat ke segala aspek. Grup idol pria yang debut 2013 ini setiap tahun bisa membawa total nilai ekonomi (yang dihasilkan oleh industri terkait) sebesar lebih dari USD3,6 miliar. Jumlah itu setara dengan kontribusi 26 perusahaan kelas menengah di Korsel. juga melaporkan bahwa BTS merupakan alasan bagi satu dari 13 wisatawan asing yang mengunjungi Korea (2017).

"Sekitar 800 ribu wisatawan memilih Korsel sebagai tujuan wisata karena BTS. Jumlah itu setara lebih dari tujuh persen total pengunjung negara itu," tulis laman tersebut.


Baca juga artikel terkait JIN BTS atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Musik)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight