Jam Tayang Timnas Indonesia vs Singapura Jadwal AFF Leg 1 Live RCTI

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 22 Des 2021 12:55 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jam tayang semifinal leg 1 Piala AFF 2021 Indonesia vs Singapura malam ini pukul 19.00 WIB. Berikut prediksi laga dan link live streaming pertandingan.
tirto.id - Jam tayang timnas Indonesia vs Singapura dalam jadwal AFF leg 1 semifinal live RCTI mulai pukul 19.00 WIB pada Rabu (22/12/2021) malam ini. Berlangsung di Stadion Nasional Singapura, pertandingan ini juga dapat disaksikan secara live streaming di Vidio.com.

Laga Indonesia kontra Singapura akan mengawali fase semifinal gelaran Piala AFF 2021 yang menggunakan sistem dua leg. Adapun pertandingan leg 2 bakal digelar selang 3 hari kemudian, yakni pada Sabtu (25/12) di venue yang sama.

Indonesia lolos semifinal dengan status juara Grup B. Skuad Garuda menghuni puncak klasemen dengan raihan 10 angka usai mengungguli Vietnam (runner-up), Malaysia (3), Kamboja (4), dan Laos (5).

Selama menjalani fase grup, pasukan arahan Shin Tae-yong tercatat sebagai tim paling produktif dengan melesakkan total 13 gol. Irfan Jaya tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan 3 angka.

Selain itu, juga ada Rachmat Irianto dan Evan Dimas Darmono yang masing-masing sudah membukukan 2 gol. Ketajaman para penggawa Garuda bakal diuji oleh Singapura yang berstatus sebagai runner-up Grup A.

Sedangkan The Lions, julukan timnas Singapura, harus mengakui keunggulan Thailand yang finis sebagai juara grup. Tuan rumah turnamen tersebut berada di peringkat 2 dengan koleksi 9 angka. Mereka kalah dengan Pasukan Gajah Perang yang tampil sempurna selama menjalani babak penyisihan.


Prediksi Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2021


Egy Maulana Vikri dilaporkan sudah bergabung dengan timnas dan semakin menambah kekuatan di barisan lini depan skuad Garuda.

Seperti dilaporkan laman resmi federasi, PSSI menyebutkan bahwa pemain yang merumput di Eropa bersama klub Liga Super Slovakia FK Senica itu sudah berada di Kawasan Orchard Road, markas timnas selama ini, Selasa (21/12). Artinya, kedatangan Egy hanya berjarak satu hari saja dengan jadwal pertandingan semifinal leg 1 kontra Singapura.

Shin Tae-yong pun menegaskan bahwa eks pemain Lechia Gdańsk itu dipastikan masih akan absen untuk partai pertama ini. Namun demikian, Shin berharap Egy Maulana sudah siap untuk menyambut duel kedua mendatang.

“Egy Maulana tidak akan tampil karena dia baru tiba di Singapura hari ini [Selasa, 21 Desember 2021], tetapi kami berharap dia sudah bisa turun untuk pertandingan berikutnya,” beber Shin, dikutip situs web AFF.

Berbicara mengenai kekuatan Singapura, tuan rumah cukup diuntungkan karena bermain di kandang sendiri. Menurut Shin Tae-yong, kemampuan bertahan dan menyerang lawan layak diwaspadai oleh Ricky Kambuaya dan kawan-kawan. Oleh sebab itu, pelatih asal Korsel tersebut berharap anak asuhnya tetap fokus saat menjalani duel di atas lapangan.

“Singapura mempunyai keunggulan sebagai tuan rumah [turnamen] dan mereka memiliki kualitas yang bagus saat menyerang maupun bertahan. Kami harus tetap fokus sepanjang pertandingan," ujar Shin Tae-yong.

Sementara keuntungan bertanding di negara sendiri akan coba dimaksimalkan oleh Singapura. Dari 4 kali partai di fase grup lalu, The Lions hanya kalah saat lawan Thailand saja (2-0). Selebihnya, pasukan arahan Tatsuma Yoshida selalu mencatatkan kemenangan.

Sang kiper gaek, Hassan Sunny pun menyebutkan bahwa kini timnas Singapura butuh dukungan penuh saat meladeni Indonesia setelah tampil buruk dengan tumbang dari Thailand dalam penampilan penutup Grup A.

“Kami membutuhkan keuntungan itu karena kami bermain di kandang dan saya tahu bahwa dengan banyak penggemar Indonesia juga mungkin saja akan hadir. Kami membutuhkan dukungan dari seluruh negeri,” ujar penjaga gawang 37 tahun itu.


Perkiraan Susunan Pemain Indonesia vs Singapura


Timnas Indonesia diprediksi bakal tampil dengan formasi menyerang saat meladeni Singapura. Duet winger berpeluang tetap diisi Witan Sulaeman dan Irfan Jaya dengan menempatkan Ezra Walian selaku target man.

Selain itu, Elkan Baggott juga sudah menunjukkan penampilan ciamik saat jumpa Malaysia lalu. Satu pos di bek sentral juga bisa saja menjadi milik Baggott sejak menit awal.

Sementara Singapura akan bertumpu pada Ikhsan Fandi sebagai bomber utama. Meskipun penyerang dengan nomor punggung 9 tersebut tumpul selama 3 pertandingan terkini, Tatsuma Yoshida diyakini bakal tetap mengandalkan khsan untuk memburu gol.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, lkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Evan Dimas Darmono, Witan Sulaeman, Irfan Jaya; Ezra Walian. Pelatih: Shin Tae-yong.

Singapura (4-1-4-1): Hassan Sunny; Zulgarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah; Hariss Harun; Hami Syahin, Anumanthan Kumar, Faris Ramli, Adam Swandi: Ikhsan Fandi. Pelatih: Tatsuma Yoshida.


Skor Head to Head Indonesia vs Singapura


Berdasarkan skor head to head, Singapura mengungguli Indonesia selama 5 pertemuan terakhir. The Lions menang 3 kali berbanding 2 kali yang dicatatkan Garuda.

5 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Singapura

  • 09/11/18: Singapura vs Indonesia 1 - 0
  • 25/11/16: Singapura vs Indonesia 1 - 2
  • 28/11/12: Indonesia vs Singapura 1 - 0
  • 04/11/09: Singapura vs Indonesia 3 - 1
  • 09/12/08: Indonesia vs Singapura 0 - 2

5 Pertandingan Terakhir Singapura

  • 01/11/21: Kyrgyzstan vs Singapura 2 - 1
  • 05/12/21: Singapura vs Myanmar 3 - 0
  • 08/12/21: Filipina vs Singapura 1 - 2
  • 14/12/21: Singapura vs Timor-Leste 2 - 0
  • 18/12/21: Thailand vs Singapura 2 - 0

5 Pertandingan Terakhir Indonesia

  • 25/11/21: Indonesia vs Myanmar 4 - 1
  • 09/12/21: Indonesia vs Kamboja 4 - 2
  • 12/12/21: Laos vs Indonesia 1 - 5
  • 15/12/21: Indonesia vs Vietnam 0 - 0
  • 19/12/21: Malaysia vs Indonesia 1 - 4


Live Streaming Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2021


Pertandingan antara timnas Indonesia vs Singapura dalam semifinal Piala AFF 2021 leg 1 dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI maupun iNews. Duel yang dihelat di Stadion Nasional Singapura ini juga bisa dipantau lewat live streaming RCTI+ dan Vidio Premier.

Anda dapat berlangganan paket Vidio Premier Platinum dengan mengakses paket 1 minggu (Rp19.000), paket 1 bulan (Rp29.000), atau paket 1 tahun (Rp199.000).

Dengan berlangganan paket Vidio Premier, Anda dapat menyaksikan laga-laga menarik dari Piala AFF 2021, Liga 1 2021, LaLiga, Serie A, Ligue 1, dan tayangan sepak bola menarik lainnya.

LINK LIVE STREAMING INDONESIA VS SINGAPURA VIDIO

LINK LIVE STREAMING INDONESIA VS SINGAPURA RCTI+

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis

DarkLight