Jalur PSDKU UNDIP 2021 Ditutup 23 Juli: Cek Hasil Seleksi 28 Juli

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 22 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
PSDKU UNDIP 2021: pendaftaran ditutup 23 Juli, pengumuman disampaikan 28 Juli.
tirto.id - Pendaftaran hari terakhir Jalur Ujian Mandiri Program Studi Diluar Kampus Utama (UM PSDKU) Universitas Diponegoro (UNDIP) 2021 akan ditutup pada Jumat (23/7/2021). Ujian secara online akan dilaksanakan pada Minggu (25/7/2021).

Ujian Mandiri PSDKU merupakan salah satu jalur seleksi masuk UNDIP 2021 untuk Program Studi di luar kampus utama. Beberapa Prodi tersebut terdiri dari jenjang Sarjana Strata (S1), Sarjana Terapan (D4), dan Diploma (D3) yang dibuka di beberapa daerah seperti Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Rembang.

Dikutip dari laman PMB UNDIP, Ujian Mandiri PSDKU UNDIP 2021 yang sedianya dilaksanakan secara tertulis akan diubah menggunakan sistem ujian online. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendaftar (peserta) sebelum mengikuti seleksi Ujian Mandiri PSDKU UNDIP 2021 sebagai berikut:
  1. Pendaftar merupakan lulus SMA, SMK, MA, atau sederajat
  2. Pendaftar memenuhi persyaratan sesuai dengan prodi yang akan dipilih
  3. Pendaftar berusia maksimal 25 tahun pada saat mendaftar
Peserta juga harus memperhatikan beberapa timeline Ujian Mandiri PSDKU UNDIP 2021 supaya tidak tertinggal proses pelaksanaannya sebagai berikut:

  • Waktu Pelaksanaan Pendaftaran Online: 15 Juni-23 Juli 2021 Pukul 12.00 WIB
  • Batas Pembayaran Seleksi: 15 Juni-23 Juli 2021 Pukul 15.00 WIB
  • Pelaksanaan Cetak Kartu Peserta: 15 Juni-23 Juli 2021 Pukul 23:59 WIB
  • Pelaksanaan Ujian Online: 25 Juli 2021 (dimulai Pukul 07:30 WIB)
  • Hasil Pengumuman Seleksi: 28 Juli 2021
Para peserta yang sudah memenuhi syarat dan akan melakukan pendaftaran dapat mengikuti tata cara (mekanisme) berikut sebelum batas waktu yang ditentukan:
  1. Pendaftar membuat user pendaftaran menggunakan email pada laman https://pendaftaran.undip.ac.id/
  2. Peserta melakukan pemilihan jalur UM PSDKU UNDIP 2021
  3. Peserta melakukan pembayaran pada bank yang telah ditentukan panitia UM PSDKU UNDIP 2021 seperti (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Mandiri)
  4. Peserta memasukan data-data portofolio seperti nilai rapot dari semester 1-5 atau prestasi yang pernah diraih pada aplikasi
  5. Peserta diwajibkan untuk melakukan upload Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani peserta dan orang tua dalam bentuk pdf
  6. Lakukan cetak kartu dan ikuti ujian sesuai jadwal yang sudah ditentukan
Tata cara pembayaran dan bank yang dapat digunakan pada UM PSDKU UNDIP 2021 dapat dilihat secara lengkap di laman https://pmb.undip.ac.id/tata-cara-bayar-sarjana/.

Kelompok ujian pada UM PSDKU UNDIP 2021 hanya terdiri atas peminatan SAINTEK dan SOSHUM. Ujian terdiri dari Tes Potensi Skolarstik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik sesuai peminatan Saintek (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika) maupun SOSHUM (Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah). Besaran biaya yang harus dibayarkan untuk ujian peminatan SAINTEK dan SOSHUM yaitu Rp300 ribu.

Instagram UNDIP Official mengunggah beberapa tips yang dapat dilakukan pada saat mengikuti ujian online seperti melakukan join zoom tepat waktu, login dengan nomor peserta yang benar, menunjukkan kartu identitas kepada pengawas, tenang saat mengerjakan soal, melakukan alokasi waktu yang efisien, percaya diri dengan kemampuan, tidak meninggalkan tempat ujian, menghidupkan kamera zoom saat ujian, dan melakukan pemeriksaan jaringan internet sebelum ujian.

Dalam UM PSDKU UNDIP 2021, terdapat beberapa pilih kelompok biaya studi sebagai berikut:

1. Jalur Reguler

Peserta yang memilih pembayaran studi jalur reguler akan dikenakan pembayaran meliputi UKT 7 dan memilih Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

2. Jalur Kemitraan

Peserta yang memilih pembayaran studi jalur kemitraan akan dikenakan pembayaran meliputi UKT golongan dan melakukan pengisian SPI di atas nilai yang telah ditentukan

3. Jalur Tidak Mampu/Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)

Peserta dengan jalur tidak mampu atau pemegang KIP-K akan membayar UKT sesuai regulasi KIP-K dan tidak melakukan pembayaran SPI. Untuk informasi pembayaran kuliah di UNDIP secara lengkap dapat dilihat pada laman https://pmb.undip.ac.id/.

Beberapa prodi yang dibuka dalam Ujian Mandiri PSDKU UNDIP 2021 pada kampus wilayah sebagai berikut:

1. Kampus Kabupaten Pekalongan
  • D3 Akuntansi
  • D3 Perencanaan Wilayah dan Kota
2. Kampus Kabupaten Batang
  • D3 Hubungan Masyarakat
  • D3 Administrasi Publik
3. Kampus Kabupaten Demak
  • D4 Akuntansi Perpajakan
  • D4 Rekayasa Perancangan Mekanik
4. Kampus Kabupaten Rembang
  • D3 Manajemen
  • S1 Administrasi Publik

Baca juga artikel terkait PSDKU UNDIP 2021 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight