Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia: Skor Akhir 1-4

Pemain Islandia Aron Sigusoarson melawati pemain Indonesia Fachrudin Aryanto saat babak pertama pertandingan persahabatan Indonesia melawan Islandia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta , Minggu (14/1/2018). tirto.id/Andrey Gromico
Oleh: Addi M Idhom - 14 Januari 2018
Dibaca Normal 2 menit
Hasil pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia berakhir dengan skor 1-4.
tirto.id - Hujan mulai reda saat pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia berlangsung di babak kedua. Pada babak pertama laga ketat antar dua tim beda level ini berjalan di bawah guyuran hujan deras.

Laga pada Minggu malam (14/1/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut sempat berjalan di luar prediksi, karena Timnas Indonesia justru unggul lebih dulu di menit 29 lewat kaki Ilham Udin Armayn.

Tapi, keunggulan Indonesia dibalikkan oleh gol Albert Gudmundsson di menit-menit akhir jelang babak pertama. Gudmunsson ternyata juga menambah 2 gol pada babak kedua. Selain itu, Islandia juga melengkapi kemenangannya dengan tambahan gol yang dicetak Arnor Smarason. Laga yang berlangsung ketat ini berakhir dengan skor 1-4 untuk kemenangan Islandia.

Jalannya Laga Indonesia vs Islandia Babak Pertama

Pemain Islandia, dengan memakai umpan-umpan lambung dan crossing yang tajam sudah mengancam gawang Indonesia sejak 5 menit awal pertandingan.

Sementara pemain Timnas Indonesia, juga rajin membangun serangan. Permainan terbuka Timnas Indonesia itu berpadu dengan umpan pendek dan umpan panjang. Namun, serangan-serangan anak asuh Luis Milla tidak berhasil mengancam gawang Islandia hingga menit ke-26.

Osvaldo Haay sempat bisa menembus kotak penalti Islandia dan tampak terjatuh akibat berebut bola dengan pemain lawan di menit ke-23. Tapi, insiden itu tak berbuah tendangan penalti.

Indonesia lalu mendapatkan tendangan sudut pada menit ke 28, tapi bola dimentahkan oleh pemain Islandia.

Ilham Udin Armayn akhirnya mencetak gol melalui umpan silang dari Febri Haryadi yang gagal diantisipasi oleh kiper Islandia. Umpan crossing dari sisi kiri pertahanan Islandia itu membuahkan gol bagi Indonesia pada menit ke-29.

Usai gol itu, Presiden Jokowi, yang menyaksikan laga itu, bersorak kegirangan bersama puluhan ribu suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Hargianto sempat melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti setelah mencuri bola di daerah pertahanan Islandia pada menit ke-38. Tapi, bola melambung tipis di atas mistar gawang Islandia.

Tendangan sudut dari Febri Haryadi juga sempat mengancam gawang Islandia di menit ke-40. Tapi bola berhasil dihentikan oleh Kiper Islandia.

Islandia juga mengancam gawang Indonesia di menit 41, tapi hanya menghasilkan tendangan sudut. Sepak pojok itu sempat menciptakan kemelut di depan gawang Indonesia. Beruntung kiper Andritany mampu menangkap bola.

Akselerasi serangan Timnas Indonesia tak berhenti hingga jelang akhir akhir babak pertama. Osvaldo Haay sempat mengancam gawang Islandia di menit ke 44, tapi tendangannya masih melewati di atas mistar gawang.

Sayangnya menjelang akhir peluit panjang, babak pertama, gawang Indonesia justru dibobol pemain nomor 10 dari Islandia, Albert Gudmundsson. Bola gagal dihentikan oleh Andritany. Dan skor babak pertama pun jadi 1-1.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Islandia Babak Kedua

Sementara di babak kedua, pada menit ke 49, gawang Andritany sempat terancam tendangan bebas dari Albert Gudmundsson. Beruntung sepakan pemain PSV Eindhoven itu masih melewati mistar atas gawang Indonesia.

Hargianto di menit ke 50 juga sempat melepas tembakan jarak jauh mengarah ke gawang Islandia. Namun, hasilnya juga nihil sebab bola melambung ke atas mistar.

Laga di babak kedua juga diwarnai sejumlah pelanggaran. Pada menit 55, Islandia menerima hadiah tendangan bebas yang dieksekusi oleh Gudmundsson. Sempat ada kemelut kotak penalti Indonesia. Beruntung Andritany berhasil meninju bola.

Pada menit ke-56, pelatih Luis Milla akhirnya memasukkan Evan Dimas.

Tapi, pada menit ke-58, Islandia berhasil membobol gawang Indonesia melalui sepakan pemain nomor punggung 8, Arnor Smarason. Gol itu bermula dari sepakan pojok Gudmunsson. Bola liar hasil kemelut di depan gawang Indonesia berhasil disambar oleh kaki Smarason.

Sayang sekali, pada menit ke 64, Gudmunsson justru dijatuhkan di kotak penalti Indonesia sehingga menghasilkan tendangan penalti untuk Islandia. Bola yang diseksekusi Gudmunnsson pada menit ke 65 dengan mudah membobol gawang Andritanny.

Tak lama setelah gol itu, Luis Milla menarik Ilham Udin dan memasukkan Boas Salossa.

Memasuki menit 70 Indonesia tak menyurutkan serangan. Tapi, lewat sebuah serangan balik, aksi individu Albert Gudmundsson justru dengan mudah membobol gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi keunggulan telak Islandia, yakni 1-4.

Untuk memperkuat sayap Timnas Indonesia, Luis Milla memasukkan Gavin pada menit ke 76. Belum puas, Andik Vermansyah, yang sebelumnya dicadangkan, juga dimasukkan pada menit ke 79. Sekitar lima menit kemudian, Eggi Maulana Fikri, yang semula juga dicadangkan, dimasukkan ke lapangan oleh Luis Milla.

Setelah itu, serangan Indonesia mulai kembali terbangun apik. Serangan dari sayap kanan yang digeber oleh Andik Vermansyah dan Gavin beberapa kali membuat pertahanan Islandia kerepotan.

Pada menit 92, misalnya, umpan pendek Boas sempat disambar Eggi, tapi dia dijatuhkan pemain Islandia. Sayang, wasit tak menghitunganya sebagai pelanggaran.

Tapi, hingga menit akhir pertandingan, Indonesia tak mampu mencetak gola lagi. Laga Indonesia vs Islandia kali ini berakhir dengan skor 1-4.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA VS ISLANDIA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
a