Advertorial

Jago Atur Masa Depan Bareng Kantong Terkunci

Oleh: Advertorial - 18 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Di Jago, nasabah bisa menabung dengan modal minimum Rp100.000 dan durasi penguncian 14 hari.
tirto.id - Praktis dan aman adalah dua kata kunci yang orang inginkan untuk perkara menyimpan uang. Untuk urusan praktis, kantong atau saku menjadi simbolnya. Dalam menyimpan uang, terutama untuk jangka pendek yang mendadak, kantong di baju atau celana tentu bisa jadi solusi. Begitu dapat uang, masukkan ke kantong. Begitu ingin mengeluarkan uang, ambil dari kantong.

Namun sayang, kadangkala kepraktisan dan keamanan seringkali bertolak belakang. Seringkali hal praktis bersifat tidak aman. Kantong praktis, tapi uang keselip atau jatuh adalah hal biasa. Sebaliknya, sesuatu yang aman biasanya tidak praktis. Gembok, misalkan. Atau brankas. Dua benda ini jadi simbol keamanan, tapi juga tak praktis. Tak ada orang yang ke mana-mana pergi membawa brankas, kan?

Meski begitu, tak selamanya kepraktisan dan keamanan ini berselisih jalan. Dengan fitur Kantong Terkunci yang ada di aplikasi Jago, kepraktisan dan keamanan ini jadi satu. Membuat kita lebih mudah mengatur keuangan secara inovatif.

Bantu Anak Muda Menabung Fleksibel dan Aman


Bagi anak-anak muda yang baru lulus kuliah atau baru memulai kerja, menabung bisa jadi kegiatan yang merepotkan. Banyak yang enggan menabung jangka panjang karena durasinya terlalu panjang. Belum lagi, batas minimum setoran juga terlalu tinggi. Kita bisa menemukan yang seperti itu pada tabungan berjenis deposito.

Tabungan seperti itu dinilai tidak praktis, meski mungkin aman. Anak muda biasanya ingin yang bisa dipakai atau dicairkan kapan saja, layaknya menaruh uang di kantong, yang sayangnya belum tentu aman.

Maka dari itu, Jago hadir melalui fitur Kantong Terkunci. Nasabah bisa menabung dengan modal minimum Rp100.000 dan durasi penguncian 14 hari. Untuk keuntungannya, bunga mengikuti LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) maksimum 4%* p.a.

Infografik Advertorial Bank Jago
Infografik Saat kepraktisan dan keamanan jadi satu. tirto.id/Mojo


Dengan fitur seperti ini, anak-anak muda tentu bisa mulai membiasakan diri tidak mengeluarkan uang jika tidak perlu-perlu amat. Selain itu, mereka juga bisa memamerkan kepada teman-temannya perihal keberhasilan mereka menabung sambil “beranak” (dari bunga).

Tentu semakin lama durasi penguncian dan semakin besar jumlah uang yang dimasukkan, akan semakin besar juga bunganya (maksimum 4%*). Tingkat kepraktisan dan keamanannya pun bisa dibilang jagoan, karena setoran fleksibel untuk ditambahkan kapan saja dan diakhiri dalam periode yang singkat (minimum 14 hari).

Selain itu, untuk keamanan, Jago memberikan berlapis perlindungan. Mulai dari autentikasi dua faktor, pengaktifan biometrik, autentikasi dua faktor untuk batas transaksi, daftar perangkat terhubung, sistem enkripsi, hingga pemberitahuan kalau ada login yang gagal. Dengan berbagai cara perlindungan ini, menabung di Jago terasa lebih aman dan nyaman.

Namun, itu untuk anak-anak muda yang baru lulus kuliah atau memulai bekerja. Bagaimana dengan orang lebih mapan yang memiliki uang lebih? Kemampuan menabung orang seperti ini tentu berbeda dibandingkan dengan “anak baru”. Biasanya mereka punya uang lebih. Uang lebih tersebut daripada didiamkan di tabungan bank yang bunganya tidak seberapa, lebih baik dimasukkan juga ke dalam Kantong Terkunci.

Nasabah bisa memasukkan uang dengan jumlah yang lebih besar dan durasi yang lebih panjang ke dalam Kantong Terkunci. Ini bisa bermanfaat jika disikapi sebagai dana untuk keadaan darurat atau mendesak, karena berarti nasabah selalu punya tabungan yang kondisinya “terkunci”.

Jika ingin menambahkan (top-up) tabungan—yang bisa dilakukan kapanpun—maka bunga akan langsung menyesuaikan dengan jumlah yang baru. Sebelum mengonfirmasi akan mengunci Kantong, akan terlihat estimasi berapa jumlah uang yang akan diterima saat kunci Kantong dibuka.

Bagi yang ingin melatih disiplin dan kontrol diri untuk tidak belanja atau jajan sembarangan, bisa mulai secara perlahan. Diawali dengan mengunci Kantong selama 14 hari dengan uang Rp100.000, lalu lama-lama naik menjadi 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya dengan terus menambah uang di dalam Kantong.

Praktisnya, Kantong Terkunci ini juga memiliki proses pencairan yang tidak ribet. Uang yang dicairkan akan langsung masuk kembali ke Kantong Jago tepat pada tanggal yang dipilih untuk membuka kunci. Tidak perlu tanda tangan formulir atau dokumen.

Aplikasi Jago bukan hanya punya fitur Kantong Terkunci. Sebagai aplikasi manajemen keuangan yang andal dan inovatif, Jago bisa dipakai bukan hanya untuk mengirim uang tetapi juga top-up e-wallet, membayar tagihan secara rutin dan otomatis lewat Plan Ahead, mengatur dan membagi uang ke dalam beberapa Kantong (bisa berupa Kantong Bayar dan Kantong Nabung) serta mengajak teman dan keluarga menabung (patungan/nyicil) bersama melalui Kantong Bersama.

Dengan semua kepraktisan sekaligus keamanan yang ditawarkan Jago, maka sudah tak zamannya lagi menabrakan kepraktisan dan keamanan. Jago, memberikan semua yang praktis dan juga aman. Mulailah hari ini, download Jago sekarang!

*) Mengikuti suku bunga OJK
DarkLight