Jadwal Vaksin Corona Tangsel Juli 2021 dan Cara Cek Daftar Peserta

Oleh: Yantina Debora - 19 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal vaksinasi corona di Kota Tangerang Selatan Juli 2021 dan cara cek daftar peserta bagi yang sudah mendaftar.
tirto.id - Jadwal vaksinasi corona bagi masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal digelar pada 26 dan 27 Juli 2021.

"Bagi Anda yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 wakt pelaksanaannya 26 dan 27 Juli 2021," tulis Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Sebelumnnya, Pemerintah Kota Tangsel telah melakukan vaksinasi corona pada 12, 13, 14 dan 16 Juli 2021. Bagi calon peserta vaksinasi Covid-19 26 dan 27 Juli 2021, konfirmasi akan dilakukan melalui WhatsApp selambat-lambatnya H-1 sebelum pelaksanaan.

Menurut Dinkes Kota Tangsel, calon peserta vaksinasi yang sudah mendaftar dan belum menerima konfirmasi, Anda bisa cek daftar nama peserta vaksinasi di s.id/vaksintangsel.

Usai membuka website Dinkes Tangsel tersebut, pilih tanggal vaksinasi. Selanjutnya akan muncul deretan nama peserta vaksinasi corona wilayah Tangsel.

"Screenshot di bagian nama Anda sebagai pengganti WhatsApp konfirmasi," tulis Dinkes Kota Tangsel.

Lokasi vaksinasi Tangsel ini di Sinarmas World Academy CBD Lot XV BSD City, Jalan Taman Makam Pahlawan Seribu, Cilenggang, Kota Tangerang Selatan.

Vaksinasi ini tidak akan diberikan kepada orang yang sudah mengikuti program vaksin gotong royong atau yang didaftarkan oleh perusahaan. Vaksin yang bakal digunakan adalah Sinovac.

Saat mengikuti vaksinasi Kota Tangerang Selatan, diimbau untuk mengikuti protokol kesehatan yaitu:

1. Memakai masker;
2. Mencuci tangan;
3. Menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Dikutip dari covid19.go.id, vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman.

Apabila vaksin ini diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah pemberian Vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat.

Bagaimana Vaksin bisa bekerja dalam tubuh untuk melindungi manusia?

1. Vaksin adalah produk biologi yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa;

2. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang;

3. Tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya.


Baca juga artikel terkait VAKSIN CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight