tirto.id - Pendaftaran Online Seleksi Mandiri Universitas Airlangga 2021 telah dibuka mulai 10 Mei dan akan ditutup pada 20 Juni 2021, pukul 23.59 WIB.
Verifikasi dokumen pendaftaran akan dilakukan pada 10 Mei hingga 21 Juni 2021, dan pengumuman lolos verifikasi online akan dilakukan pada periode yang sama.
Sementara itu, pembayaran biaya seleksi bisa dilakukan mulai 10 Mei hingga 22 Juni 2021. Ujian tulis dijadwalkan akan dilakukan pada 26 Juni 2021.
Ujian tulis akan dilaksanakan secara offline dan waktu pelaksanaan ujian tulis akan menyesuaikan dengan jumlah pendaftaran. Pengumuman seleksi akan dilakukan pada 3 Juli 2021.
Alur Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universitas Airlangga
A. Registrasi Akun Pendaftaran
Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran online, Anda diwajibkan mempunyai akun pendaftaran. Akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga: http://pendaftaran.unair.ac.id.
2. Klik menu Registrasi
3. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP),
Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login.
4. Klik tombol [Registrasi], maka setelah beberapa saat Anda akan menerima email notifikasi untuk verifikasi email.
5. Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, Anda hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Akun pendaftaran ini masih belum bisa digunakan sebelum Anda melakukan verifikasi pada email.
6. Untuk melakukan verifikasi, buka inbox email Anda dan klik untuk verifikasi email.
B. Pengisian Formulir Pendaftaran dan Upload Berkas Persyaratan
Pengisian formulir pendaftaran online langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga: http://pendaftaran.unair.ac.id
2. Login menggunakan akun registrasi dengan Email & Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta. Jika belum mempunyai akun registrasi ikuti proses “A. Registrasi Akun Pendaftaran”
3. Ikuti langkah ke-1 yaitu pemilihan jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran -> Pemilihan Penerimaan.
4. Pilih penerimaan yang diinginkan, kemudian klik [Daftar].
5. Kemudian piih jenis formulir / jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik [Simpan]. Maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran.
6. Isi formulir sesuai data diri Anda, dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik [Simpan].
7. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran -> Upload Berkas.
8. Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan.
Setelah diupload semua, kemudian klik tombol [Submit untuk diverifikasi].
9. Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Anda tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia penerimaan.
Hasil verifikasi akan diinformasikan melaui email dan sms ke nomer yang telah diisikan pada saat pengisian form. Atau Anda juga bisa mengecek secara periodik di menu Verifikasi -> Hasil Verifikasi.
C. Pembayaran Voucher dan Cetak Kartu Ujian
Setelah proses verifikasi selesai, Anda bisa melakukan pembayaran voucher ke bank Mandiri dengan melihat kode voucher dan besar biaya yang harus dibayarkan di menu Verifikasi -> Kode Voucher.
Pembayaran voucher ini dilakukan untuk mendapatkan pin voucher sebagai syarat untuk bisa mencetak kartu ujian.
Setelah melakukan pembayaran di bank, Anda akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi -> Cetak Kartu.
Editor: Agung DH