EURO 2020

Jadwal Timnas Italia di Euro 2021, Skuad, Daftar Pemain, & Formasi

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal timnas Italia di Grup A EURO 2020, daftar pemain dalam skuad Piala Eropa 2021, dan prediksi formasi Roberto Mancini.
tirto.id - Jadwal Tim nasional (Timnas) Italia di fase penyisihan Grup A EURO 2020 akan dimulai dengan laga kontra Turki pada Sabtu, 12 Juni 2021. Gli Azzurri sudah merilis daftar pemain untuk partai pemanasan Piala Eropa menghadapi San Marino pada Sabtu, 29 Mei 2021. Hanya ada 3 pemain Internazionale dalam skuad itu.

"33 pemain dipanggil oleh [pelatih] Roberto Mancini untuk tes terakhir sebelum pemanggilan resmi untuk Piala Eropa, mengingat selambat-lambatnya pada Selasa 1 Juni 2021, pelatih harus meresmikan daftar 26 penggawa Azzurri yang akan ambil bagian dalam turnamen kontinental tersebut," keterangan resmi FIGC pada Selasa (18/5/2021).

Pengumuman pemain Timnas Italia ini dilakukan ketika kompetisi Serie A tinggal menyisakan 1 giornata lagi, yang digelar pada Minggu (23/5/2021) hingga Senin (24/5). Uniknya, dari kubu Inter sang juara Liga Italia musim ini hanya ada Stefano Sensi, Nicolo Barella, dan Alesandro Bastoni yang diangkut Mancini.

Sementara itu, Rafael Toloi dan Matteo Pessina yang membawa Atalanta duduk di kursi runner-up klasemen Liga Italia hingga giornata 37 juga dimasukkan. Penggawa paling senior tetap duet bek Juventus, Giorgio Chiellini (106 caps) dan Leonardo Bonucci (101 caps).

Juve sendiri, meski terancam finis di peringkat 5 klasemen Serie A atau berpotensi tampil di Liga Eropa musim depan, punya 4 nama. Selain Chiellini dan Bonucci, ada Federico Bernardeschi dan Federico Chiesa yang masuk dalam skuad bayangan Mancini.

Giacomo Raspadori, pemain Sassuolo berusia 21 tahun, merasakan pemanggilan pertamanya untuk skuad timnas Italia senior. Musim ini, ia mampu mencetak 6 gol dalam 27 penampilan bersama Neroverdi di semua kompetisi. Raspadori adalah pemain kelahiran 2000 kedua yang ada dalam skuad Gli Azzurri, selain Moise Kean (PSG).

Keuntungan Italia dalam Euro 2020 adalah faktor sudah lamanya Roberto Mancini menangani tim. Mantan penggawa Lazio ini menjadi juru taktik Gli Azzurri sejak 15 Mei 2018 dengan rekor 21 menang dari 30 pertandingan (70 persen), mencetak total 68 gol, dan punya selisih gol +54.

Derita tidak lolos ke Piala Dunia 2018 jadi motivasi tersendiri untuk Italia. Sang juara dunia 4 kali melaju ke putaran final EURO 2020 dengan mulus, menang 10 kali dalam 10 partai di Grup J. Selain itu, Gli Azzurri mampu lolos ke final four UEFA Nations League 2020/21 bersama Belgia, Perancis, dan Spanyol.


Jadwal Timnas Italia di Euro 2021


Berikut ini jadwal Timnas Italia di Piala Eropa 2021 (Grup A).

Matchday 1
Sabtu, 12 Juni 2021

Pukul 02.00 WIB: Turki vs Italia (Roma)

Matchday 2
Kamis, 17 Juni 2021

Pukul 02.00 WIB: Italia vs Swiss (Roma)

Matchday 3
Minggu, 20 Juni 2021
Pukul 23.00 WIB: Italia vs Wales (Roma)

Italia berpeluang lolos dari Grup A melalui 3 jalur, yaitu juara grup, runner-up, atau masuk dalam salah satu peringkat 3 terbaik (diambil 4 tim posisi 3 dengan poin tertinggi dari 6 grup).

Jika Italia menjadi juara Grup A, maka lawan mereka di babak 16 besar adalah runner-up Grup C. Namun, jika Gli Azzurri hanya menjadi runner-up Grup A, maka mereka akan berhadapan dengan peringkat 2 Grup B di perdelapan final Euro 2021.

Jika Italia lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, maka lawan mereka belum dapat dipastikan. Bisa saja Gli Azzurri menghadapi juara Grup B, tetapi mungkin pula juara Grup F atau juara Grup E.


Daftar Pemain Skuad Awal Timnas Italia di Euro 2021


Berikut ini daftar pemain dalam skuad awal Timnas Italia di Euro 2021 sesuai rilis FIGC pada Selasa (18/5/2021).

Kiper: Alessio Cragno (Cagliari), Gianluigi Donnarumma (Milan), Alex Meret (Napoli), Salvatore Sirigu (Torino)

Bek:
Francesco Acerbi (Lazio), Alessandro Bastoni (Inter), Cristiano Biraghi (Fiorentina), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Alessandro Florenzi (Paris Saint Germain), Manuel Lazzari (Lazio), Gianluca Mancini (Roma), Leonardo Spinazzola (Roma), Rafael Toloi (Atalanta)

Gelandang: Nicolò Barella (Inter), Gaetano Castrovilli (Fiorentina), Bryan Cristante (Roma), Manuel Locatelli (Sassuolo), Lorenzo Pellegrini (Roma), Matteo Pessina (Atalanta), Stefano Sensi (Inter), Marco Verratti (Paris Saint Germain)

Penyerang: Andrea Belotti (Torino), Domenico Berardi (Sassuolo), Federico Bernardeschi (Juventus), Federico Chiesa (Juventus), Vincenzo Grifo (Friburgo), Ciro Immobile (Lazio), Lorenzo Insigne (Napoli), Moise Kean (Paris Saint Germain), Matteo Politano (Napoli), Giacomo Raspadori (Sassuolo).

Prediksi Formasi Timnas Italia di Euro 2021


Dari 33 pemain yang dipanggil oleh Roberto Mancini kali ini, akan ada 7 penggawa yang ditepikan demi memenuhi kuota 26 pemain untuk Piala Eropa 2021. Mancini sendiri menyukai formasi 4-3-3 yang diterapkannya dalam 6 partai di UNL Grup A1.


Kiper: Gianluigi Donnarumma (Milan)

Bek:
Francesco Acerbi (Lazio), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Alessandro Florenzi (Paris Saint Germain)

Gelandang: Nicolò Barella (Inter), Manuel Locatelli (Sassuolo), Marco Verratti (Paris Saint Germain)

Penyerang: Andrea Belotti (Torino), Federico Chiesa (Juventus), Lorenzo Insigne (Napoli)

Baca juga artikel terkait EURO 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight