Jadwal SKD CPNS 2019 Paling Cepat Dilakukan pada 27 Januari 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
BKN memperkirakan tes SKD CPNS 2019 paling cepat dilakukan pada 27 Januari 2020.
tirto.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan tes SKD CPNS 2019 paling cepat dilaksanakan pada 27 Januari 2020. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pelaksanaan CPNS tahun ini memiliki manajemen waktu yang lebih leluasa dari tahun lalu. Secara umum, akhir Desember akan ada pengumuman kelolosan Seleksi Administrasi, kemudian tiga hari masa sanggah dan 7 hari merespons masa sanggah.

"Lalu pada Januari 2020, panselnas dan panselda dan teman-teman di instansi melakukan penjadwalan, SKD kapan, SKB kapan. Paling cepat, menurut perhitungan BKN, tes dilakukan 27 Januari 2020 dan itu sifatnya berurutan, dari Sabang sampai Merauke ada," ujar Ridwan saat QnA #5 seputar pendaftaran CPNS pada Senin (2/11/2019).

Untuk lokasi tes, menurut Ridwan biasanya kementerian dan lembaga akan melakukan tes di kantor BKN, kantor UPT BKN, kantor regional BKN, atau di setiap provinsi. Kemudian, ada beberapa kementerian dan lembaga dengan formasi besar yang akan melakukan tes secara mandiri.

"Kemenkumham misalnya, tesnya akan ada di mana, di mana. Finalnya nanti teman-teman akan tahu. Setelah lulus seleksi administrasi, kalau log in pada akhir Desember akan ada pengumuman 'selamat Anda lulus atau maaf Anda tidak lulus karena x karena y, ada alasan mengapa tidak lulus," ujar Ridwan.

Selain melalui log in di SSCASN, instansi diminta untuk menyediakan informasi di web, media sosial atau papan pengumuman. Jika jadwal SKD dan SKB sudah ada, maka instansi juga bisa mengumumkan jadwal masing-masing, sesuai dengan nomor pendaftaran.

BKN juga mengimbau pelamar untuk tidak sering-sering log in di SSCN hingga 15-20 Desember 2019. Sebab, rentang waktu itu akan diberikan pada administrator instansi untuk melakukan verifikasi.

"Enggak mungkin ada data yang berubah, enggak mungkin akan ada pengumuman antara tanggal 15-20 Desember," tegas Ridwan.

Oleh karena itu, sebaiknya pelamar tidak melakukan log in pada waktu-waktu tersebut. Alih-alih log in, pelamar bisa memperhatikan kapan instansi membuka pendaftaran dan berapa lama kira-kira hingga instansi akan mengumumkan seleksi administrasi.

"Ada satu lagi mekanisme tambahan, instansi itu bisa juga mengumumkan di web atau medsos mereka, banyak cara untuk mengetahui peserta lolos seleksi administrasi," kata Ridwan.

Ia menambahkan, jadwal pengumuman seleksi administrasi akan disampaikan instansi masing-masing dan bisa dipastikan waktu pengumumannya tidak akan sama.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight