Menuju konten utama

Jadwal Semifinal Badminton Asian Games 2023 Hari ini di iNews TV

Jadwal semifinal badminton Asian Games 2023 hari ini Jumat 6 Oktober live iNews TV & Vision+ mulai 08.00 WIB. Order of play semifinal tanpa wakil Indonesia.

Jadwal Semifinal Badminton Asian Games 2023 Hari ini di iNews TV
Jadwal semifinal badminton Asian Games 2023 hari ini Jumat 6 Oktober live iNews TV & Vision+ mulai 08.00 WIB. Order of play semifinal tanpa wakil Indonesia. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Jadwal semifinal badminton Asian Games 2023 nomor individual (perorangan) hari ini Jumat, 6 Oktober tanpa satu pun wakil Indonesia. Terdapat 10 laga semifinal bulu tangkis Asian Games 2023 yang dihelat dalam 2 sesi, yaitu sesi pagi pukul 08.00-13.00 WIB dan sesi sore-malam pukul 16.00-21.00 WIB.

Jika tidak ada perubahan, live streaming semifinal badminton Asian Games 2023 hari ini dari Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China dapat ditonton via Vision+. Selain itu, rangkaian laga yang menentukan siapa lolos final ini juga dapat ditonton melalui iNews TV.

Tidak ada satu pun wakil Indonesia di perebutan medali badminton Asian Games 2023. Hal ini terjadi setelah 3 wakil tersisa gugur di babak perempat final pada Kamis (5/10). Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) kandas.

Dengan hasil buruk ini, Indonesia bakal pulang tanpa satu medali pun dari badminton Asian Games 2023. Pasalnya, atlet yang lolos semifinal sudah dipastikan mendapat setidaknya medali perunggu. Ini jadi catatan negatif karena Merah Putih rontok seluruhnya baik di nomor beregu maupun perorangan.

Kontras dengan Indonesia , China bakal mendominasi perolehan medali badminton Asian Games 2023. Selain mendapatkan emas beregu putra dan perak beregu putri, di nomor individual, sang tuan rumah punya 7 wakil. Sektor ganda campuran dan tunggal putra berpotensi meloloskan 2 wakil sekaligus ke final.

Sementara itu, Korea Selatan (Korsel), peraih emas beregu putri dan perunggu beregu putra kini menyisakan 5 wakil individual. Tercatat, 2 di antaranya bercokol di nomor ganda putri. Berikutnya, Jepang punya 4 wakil atau terbanyak ke-3 pada sektor individual.

Semifinal Asian Games 2023 bakal jadi persaingan ketiga negara Asia Timur tadi. Pasalnya ada 3 laga yang mempertemukan wakil China vs Korea Selatan dan 3 laga yang menyajikan duel China vs Jepang. Kontestan dari negara lain di semifinal Asian Games 2023, adalah 2 dari India, 1 Malaysia, dan 1 China Taipei (Taiwan).

Jadwal Badminton Asian Games 2023 Hari ini 6 Oktober

Duel China vs Korsel mewarnai sesi pagi semifinal badminton Asian Games 2023 mulai pukul 08.00 WIB, live di iNews TV. 3 laga pembuka hari ini masing-masing mempertemukan pertarungan kedua negara tersebut.

Misi balas dendam mewarnai laga pertama dari sektor ganda campuran. Zheng Si Wi/Huang Ya Qiong (China) bertekad melakukan revans atas Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korsel). Wakil China itu telah takluk di 2 final ajang bergengsi tahun ini yakni pada BWF Super 1.000 China Open dan BWF World Championship.

Sebelum menderita 2 kekalahan menyakitkan itu, Zheng/Huang punya rekor meyakinkan saat mencatatkan rekor tak terkalahkan dari Seo/Chae. Zheng/Huang menang dalam 9 pertemuan, berbanding 2 kemenangan untuk Seo/Chae. Kini, Zheng/Huang tak ingin terluka untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Tak kalah menarik ialah laga ke-2 dari sektor tunggal putri antara An Se Young (Korsel) vs He Bing Jiao. Duel kedua atlet menunjukkan hasil nyaris seimbang, ASY menang 5 kali, sedangkan He Bing Jiao 4 kali.

Menariknya, seluruh kemenangan An Se Young atas He Bing Jiao diciptakan pada tahun ini, termasuk dalam laga final Japan Open dan Thailand Open. ASY juga belum terkalahkan dari sang calon lawan sepanjang 2023.

Pertarungan sengit lain akan terjadi dari nomor ganda putri, yaitu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korsel). Kedua pasangan ini tercatat sudah 15 kali berjumpa. Chen/Jia Yi Fan telah memenangkan 10 perjumpaan dengan ganda Korea. Namun, 4 pertemuan tahun ini mennghasilkan kedudukan seimbang 2-2.

Persaingan China vs Jepang mewarnai semifinal Asian Games 2023 sesi sore-malam mulai pukul 16.00 WIB hari ini. Tercatat, 3 partai pembuka seluruhnya diisi wakil China dan Jepang.

Duel pembuka datang dari sektor ganda campuran, yaitu Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Yuta Wanatabe/Arisa Higashino. Kedua pihak telah berjumpa sekali, dan hasil positif jadi milik wakil Jepang.

Laga ke-2 sesi sore mempertemukan Aya Ohori (Jepang) vs Chen Yu Fei (China) dari nomor tunggal putri. Chen Yu Fei punya rekor tak terkalahkan atas lawannya, dengan total meraih 9 kemenangan. Di atas kertas ia yang menghuni ranking 3 dunia diunggulkan menang.

Namun, Aya Ohori berupaya melanjutkan kejutan. Apalagi, pebulutangkis ranking 20 dunia ini menaklukkan unggulan seperti Tai Tzu Ying hingga Gregoria Mariska Tunjung pada babak sebelumnya.

Duel China vs Jepang lainnya ialah antara Shi Yu Qi (China) vs Kodai Naraoka (Jepang) di sektor tunggal putra. Rekor pertemuan keduanya menunjukan hasil 5-4 untuk keunggulan wakil China. Namun, khusus tahun ini, Kodai Naraoka lebih unggul karena 4 kemenangannya diraih sepanjang 2023 dari total 6 perjumpaan.

Order of Play Semifinal Badminton Asian Games 2023 Hari ini

Berikut ini jadwal lengkap semifinal badminton Asian Games 2023 tayang live di iNews TV dan streaming Vision+:

Sesi Pagi Mulai Pukul 08.00-13.00 WIB:

  • [XD] (China) Zheng Si Wei [1]/Huang Ya Qiong vs (Korsel) Seo Seung Jae/Chae Yu Jung
  • [WS] (Korsel) An Se Young [1] vs (China) He Bing Jiao [4]
  • [WD] (China) Chen Qing Chen [1]/Jia Yi Fan vs (Korsel) Kim So Yeong [3]/Kong Hee Yong
  • [MD] (China Taipei) Lee Yang/Wang Chi-Lin vs (Korsel) Choi Sol Gyu/Kim Won Ho
  • [MS] (China) Li Shi Feng [6] vs (India) Prannoy H. S. [5]

Sesi Sore Mulai Pukul 16.00-21.00 WIB:

  • [XD] (China) Feng Yan Zhe [3]/Huang Dong Ping vs (Jepang) Yuta Watanabe [2]/Arisa Higashino
  • [WS] (Jepang) Aya Ohori vs (China) Chen Yu Fei [2]
  • [MS] (China) Shi Yu Qi [4] vs (Jepang) Kodai Naraoka [2]
  • [MD] (Malaysia) Aaron Chia/Soh Wooi Yik vs (India) Satwiksairaj Rankireddy [2]/Chirag Shetty
  • [WD] (Jepang) Yuki Fukushima [4]/Sayaka Hirota vs (Korsel) Baek Ha Na [2]/Lee So Hee

Live Streaming Badminton Asian Games 2023 Hari ini 6 Oktober

Jika tidak ada perubahan, siaran langsung pertandingan semifinal badminton Asian Games 2023 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China dapat ditonton melalui iNews TV. Sedangkan live streaming laga bisa diakses via Vision+.

Tayangan Asian Games 2023 di Vision+ dapat diakses dengan melakukan pembelian paket streaming, di antaranya: Premium Sports seharga Rp35 ribu/bulan, Rp95 ribu/3 bulan, dan Rp200 ribu/tahun.

Live Streaming Badminton Asian Games 2023 Hari ini 6 Oktober - Vision+

*Jadwal pertandingan dan siaran televisi Asian Games 2023 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2023 atau tulisan lainnya dari Dicky Setyawan

tirto.id - Olahraga
Kontributor: Dicky Setyawan
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Fitra Firdaus