Jadwal Rilis iOS 17 di Indonesia dan iPhone yang Bisa Update

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 18 Sep 2023 13:57 WIB | Diperbarui 19 Sep 2023 08:56 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Ini jadwal rilis iOS 17 di Indonesia dan daftar perangkat apa saja yang masih bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru dari iOS 17 ini. Simak ulasannya.
tirto.id - Sistem operasi terbaru dari Apple untuk perangkatnya, yakni iOS 17 dijadwalkan rilis untuk pengguna umum pada Selasa, 18 September 2023 waktu Amerika Serikat atau Rabu, 19 September 2023 pukul 00.00 WIB untuk pengguna di Indonesia.

Update iOS 17 juga dilakukan serentak di berbagai penjuru dunia seperti Malaysia, Australia, Arab Saudi, sebagainya dengan mengikuti zona waktu daerah setempat. Pembaruan tersebut dapat dilakukan langsung melalui perangkat ponsel iPhone yang mendukung.

Apple telah merilis iOS 17 bersamaan dengan iPhone 15. Pengenalan keduanya disampaikan melalui Apple Event yang dihelat 12 September 2023 secara tatap muka di Apple Park, dan disiarkan streaming.

Pertemuan yang mengambil tajuk "Wonderlust" tersebut juga mengenalkan produk lain seperti Apple Watch 9 dan Apple Watch Ultra 2.

Berbagai fitur baru dimasukkan ke dalam iOS 17. Di antaranya terdapat fitur Contact Poster yang memungkinkan dilakukan personalisasi pada setiap kontak dengan foto, emoji, tipografi, sampai font tertentu.

Ada pula fitur Live Voicemail agar pengguna bisa melihat transkip atau teks ucapan saat seseorang meninggalkan pesan suara. Proses transkripsi berlangsung real time.

Pesan suara yang masuk tersebut akan tampil layaknya panggilan biasa dan jika terdeteksi spam maka tidak muncul sebagai Live Voicemail.

Apple menanam aplikasi Journal pada iOS 17. Manfaatnya agar penggunaka bisa menuliskan apa pun yang ada di pikirannya dan bisa dipadu dengan menggunakan gambar. Aplikasi ini juga bisa dipersonalisasi dan sangat menjaga privasi dengan keberadaan fungsi mengunci.

Fitur-fitur iOS 17 hanya bisa digunakan pada iPhone yang memiliki spesifikasi tertentu. Tidak semua iPhone dapat menginstalnya.

Fitur-Fitur Baru di iOS 17


Situs Apple menyebutkan, pembaruan pada iOS 17 akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbagai hal.

Peningkatan fungsi dilakukan pada fitur Phone, FaceTime, dan Messages; kemudahan berbagi melalui AirDrop; hingga memberikan masukan lebih cerdas dalam meningkatkan kecepatan serta akurasi pengetikan.

Fitur pembaruan Journal dan Standby turut dibenamkan di dalamnya. Fitur Standby memberikan pengalaman baru bagi pengguna dalam melihat informasi sekilas yang tampil di layar ketika iPhone diletakkan atau sedang diisi ulang baterainya.

Di sisi lain, fitur Journal akan terintegrasi datanya dengan aplikasi Apple lain, termasuk Find My. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mendeteksi kedekatan posisinya dengan orang lain, termasuk memilah antara kolega dengan teman di luar urusan pekerjaan.

Aplikasi ini memiliki kemampuan kinerja berbasis lokasi yang menjadi perpanjangan fungsi layanan Find My perusahaan dan fitur lokasi lainnya.

“Phone, FaceTime, dan Messages adalah inti dari cara kami berkomunikasi, dan rilis ini dikemas dengan pembaruan yang menurut kami akan disukai pengguna kami. Kami juga telah menata ulang AirDrop dengan cara baru untuk berbagi, koreksi otomatis menjadi lebih baik, dan kami memperkenalkan semua pengalaman baru dengan Journal dan StandBy, ditambah lebih banyak lagi. Kami tidak sabar menunggu semua orang untuk mencobanya," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering di Apple.

Sistem operasi iOS 17 turut menambahkan fitur baru untuk aplikasi Health. Aplikasi ini ditingkatkan fungsi untuk mampu melacak suasana hati dan emosi.

Pengguna dapat mencatat suasana hati mereka saat ini, menjawab berbagai pertanyaan mengenai keadaan mereka, hingga melihat perubahan respons pengguna seiring berjalannya.

Sebuah algoritma telah disusun dalam menentukan suasana hati pengguna melalui ucapan mereka melalui ketikan dan data lain yang ada di perangkat.

Pembaruan lain pada iOS 17 dilakukan pula melalui fitur AlWays-On yang membuat antarmuka lebih kaya informasi.

Antarmuka dapat menampilkan janji temu, cuaca, dan sebagainya. Informasi pembaruan IOS 17 dapat disimak langsung secara lengkap melalui laman Apple pada tautan ini.

Daftar iPhone Penerima Update iOS 17


Tidak semua produk iPhone akan menerima pembaruan untuk iOS 17.Apple telah merilis daftar iPhone yang mampu mendukung seluruh layanan yang dimiliki sistem operasi tersebut.

Versi terendah yang dapat menggunakannya adalah iPhone SE generasi kedua atau setelahnya. Berikut daftar iPhone yang mendukung iOS 17:

- iPhone 15
- iPhone 15 Plus
- iPhone 15 Pro
- iPhone 15 Pro Max
- iPhone 14
- iPhone 14 Plus
- iPhone 14 Pro
- iPhone 14 Pro Max
- iPhone 13
- iPhone 13 mini
- iPhone 13 Pro
- iPhone 13 Pro Max
- iPhone 12
- iPhone 12 mini
- iPhone 12 Pro
- iPhone 12 Pro Max
- iPhone 11
- iPhone 11 Pro
- iPhone 11 Pro Max
- iPhone XS
- iPhone XS Max
- iPhone XR
- iPhone SE (2nd generation or later)

Cara Update iOS 17 di iPhone


Setiap iPhone yang mendukung update iOS 17 akan menerima notifikasi. Proses update dapat dilakukan secara nirkabel. Caranya sebagai berikut:

1. Pembaruan manual

a. Sebelum update, lakukan pencadangan perangkat memakai iCloud atau komputer;

b. Sambungkan perangkat ke sumber listrik dan pastikan tersambung data internet melalui Wi-Fi;

c. Buka Pengaturan > Umum, lalu ketuk Pembaruan Perangkat Lunak;

d. Jika tersedia lebih dari satu pilihan pembaruan perangkat lunak, pilih salah satu yang ingin diinstal;

e. Ketuk Instal Sekarang. Saat muncul Unduh dan Instal, ketuk untuk mengunduh pembaruan, lalu masukkan kode sandi. Akhiri dengan ketuk Instal Sekarang.

2. Pembaruan otomatis

Perangkat iPhone bisa pula update ke iOS 17 secara otomatis. Cara menggunakannya sebagai berikut:

a. Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak;

b. Ketuk Pembaruan Otomatis, lalu aktifkan Unduh Pembaruan iOS;

c. Aktifkan Instal Pembaruan iO;

d. Jika sudah, perangkat akan memperbarui secara otomatis ke iOS versi terbaru. Sejumlah update mungkin perlu diinstal secara manual.


Baca juga artikel terkait JADWAL RILIS IOS 17 DI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight