Jadwal Rilis iOS 13 dan Cara Update untuk iPhone 6s Hingga 11

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 11 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal rilis iOS 13 dan bagaimana cara mengunduh sistem operasi tersebut pada perangkat Apple.
tirto.id - Apple baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu iPhone 11 dalam Apple Special Event di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, yang berlangsung Rabu (11/9/2019) dini hari tadi.

Apple juga merilis Apple Watch terbaru yaitu seri 5, serta iPad generasi ke-7 10.2 inci. Sementara itu, sistem operasi terbaru Apple, yaitu IOS 13 akan dirilis versi publik pada 19 September.

Dilansir dari laman Macworld.co.uk, iOS 13 versi publik secara resmi akan tersedia untuk diunduh pada 19 September. Sebelumnya, iOS 13 versi beta pertama kali diumumkan di WWDC pada 24 Juni lalu.

iOS 13 Public Beta, tersedia bagi mereka yang ingin melihat pratinjau perangkat lunak sebelum rilis. Namun perlu diingat bahwa ini adalah perangkat lunak uji dan mungkin tidak berfungsi secara optimal.

Laman Techradar melaporkan, sejumlah fitur baru pada iOS 13 yang paling dinantikan adalah dark mode atau mode gelap, yang mana akan membedakan warna latar layar iPhone pada siang dan malam hari.

Pada fitur dark mode ini, background iPhone akan berubah hitam dan abu-abu gelap, untuk memberikan kemudahan saat membaca pada malam hari.

Selain itu, Apple juga menambahkan editing tools langsung pada "Photos", sehingga pengguna bisa mengedit foto dan video tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Apple juga iOS 13 menawarkan pembaruan fitur lainnya yaitu navigasi gesture baru.

Cara update iOS 13 untuk pengguna iPhone dan iPad

Sebelum melakukan update iOS, Anda harus memastikan kestabilan koneksi internet, karena proses download dan instal ini dilakukan secara over the air (OTA) sehingga membutuhkan koneksi yang baik dan akan mengonsumsi data besar saat pembaruan.

Ada 2 cara untuk update iOS, yaitu melalui OTA dan iTunes. Berikut adalah langkah-langkah untuk update iOS versi terbaru, sebagaimana dilansir dari laman resmi Apple.

1. Update langsung dari perangkat

- Sambungkan perangkat Anda ke daya dan sambungkan ke Internet dengan Wi-Fi.

- Ketuk Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

- Ketuk Unduh dan Instal. Jika pesan meminta untuk menghapus aplikasi sementara karena iOS membutuhkan lebih banyak ruang untuk pembaruan, ketuk Lanjutkan atau Batal. Nantinya, iOS akan menginstal ulang aplikasi yang dihapusnya. Jika Anda mengetuk Batal, pelajari apa yang harus dilakukan selanjutnya.

- Untuk memperbarui sekarang, ketuk Instal. Atau Anda dapat mengetuk Nanti dan memilih Instal Malam Ini atau Ingatkan Saya Nanti. Jika Anda mengetuk Instal Tonight, cukup colokkan perangkat iOS Anda ke daya sebelum Anda tidur. Perangkat Anda akan diperbarui secara otomatis dalam semalam.

- Jika ditanya, masukkan kode sandi Anda. Jika Anda tidak tahu kode sandi Anda, pelajari apa yang harus dilakukan.

Nantinya, iOS akan menginstal ulang aplikasi yang dihapusnya. Jika Anda mengetuk Batal, pelajari apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Untuk memperbarui sekarang, ketuk Instal. Atau Anda dapat mengetuk Nanti dan memilih Instal Malam Ini atau Ingatkan Saya Nanti. Jika Anda mengetuk Instal Tonight, cukup colokkan perangkat iOS Anda ke daya sebelum Anda tidur.

Perangkat Anda akan diperbarui secara otomatis dalam semalam. Jika ditanya, masukkan kode sandi Anda. Jika Anda tidak tahu kode sandi Anda, pelajari apa yang harus dilakukan.

2. Update melalui iTunes

Jika Anda tidak dapat memperbarui secara nirkabel di perangkat iOS Anda, Anda dapat memperbarui secara manual menggunakan iTunes di komputer yang Anda percayai.

Jika komputer Anda menggunakan Personal Hotspot di perangkat iOS yang Anda perbarui, sambungkan komputer Anda ke jaringan Wi-Fi atau Ethernet yang berbeda sebelum Anda memperbarui.

- Instal versi terbaru iTunes di komputer Anda.

- Hubungkan perangkat Anda ke komputer Anda.

- Buka iTunes dan pilih perangkat Anda.

- Klik Ringkasan, lalu klik Periksa Pembaruan.

- Klik Unduh dan Perbarui.

- Jika ditanya, masukkan kode sandi Anda. Jika Anda tidak tahu kode sandi Anda, pelajari apa yang harus dilakukan.

Untuk iPhone, seri yang mendukung iOS 13 di antaranya iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8, Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s.

Untuk iPad, perangkat tablet Apple yang mendukung, yakni 12.9-inch iPad Pro 3rd generation, 12.9-inch iPad Pro 2nd generation, 12.9-inch iPad Pro 1st generation, 10.5-inch iPad Pro, 9.7-inch iPad Pro, iPad Air 3rd generation, iPad Air 2, iPad 6th generation, iPad 5th generation, iPad mini 5th generation, dan iPad mini 4.

Sementara untuk iPod, hanya satu seri yang mendukung, yaitu iPod touch 7th generation.



Baca juga artikel terkait IPHONE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight