tirto.id - PT BNI (Persero) Tbk memastikan tetap beroperasi selama libur Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pada 22 dan 23 Desember 2018, sebanyak 78 outlet tetap beroperasi sebagai Outlet Weekend Banking.
Selama cuti bersama dan hari libur Natal 2018, yaitu tanggal 24 Desember 2018 sebanyak 71 outlet dan 25 Desember 2018 sebanyak 65 outlet tetap beroperasi secara terbatas.
Pada 24 dan 25 Desember 2018, outlet yang beroperasi tersebut dapat melayani Setoran Pembayaran Bahan Bakar Minyak (BBM)/ Non BBM melalui sistem Pertamina host to host (H2H), pembayaran Setoran Penerimaan Negara, serta melayani Transaksi Valas, seperti setoran atau penarikan dan jual beli bank notes.
Selain itu, terdapat juga Pelayanan Kas secara Terbatas, yaitu Setoran/ penarikan/ pemindahbukuan rekening BNI (IDR), Transaksi setoran/ penarikan tunai (beban tabungan dan/atau menggunakan Cek BNI) maksimal Rp25 juta per rekening kecuali dilakukan oleh Nasabah Emerald dan Debitur.
Untuk transaksi di Customer Service, outlet BNI yang beroperasi tersebut tetap dapat melakukan pembukaan rekening tabungan/ deposito perorangan (IDR), pembuatan/ penggantian kartu debit, penggantian buku tabungan dan aktivasi e-channel.
“Jam layanan pada outlet-outlet yang tetap beroperasi pada tanggal 24 dan 25 Desember 2018 berlangsung mulai 10.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat,” ujar Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan, Catur Budi Harto di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Kamis (20/12/2018).
Pada 31 Desember 2018, seluruh Outlet BNI beroperasi secara normal dengan jam layanan pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.
Khusus untuk transaksi penerimaan negara dapat dilayani hingga minimal pukul 17.00 waktu setempat. BNI memberikan toleransi hingga pukul 22.00 WIB bagi outlet-outlet tertentu yang mengalami antrean nasabah.
Sebanyak 11 Digital Branch akan beroperasi pada 22–31 Desember 2018. Jaringan 18.272 ATM akan melayani selama 24 jam, baik ATM Tarik Tunai, Cash Recycling Machine, maupun ATM Non Tunai.
Layanan Phone Banking 24 Jam BNI Call juga siaga selama 24 jam.BNI Call melayani permintaan Informasi (Inquiry), Perubahan data (Maintenance), menampung Keluhan Nasabah (Complaint), hingga Transaksi BNI Phone Banking baik untuk produk Banking maupun Kartu Kredit.
Untuk mengakses BNI Call, dapat dilakukan melalui Layanan 24 Jam Phone Banking dengan Nomor 1500046 dan Nomor akses dari Luar Negeri +622130500046.
Layanan BNI Call juga dapat dihubungi melalui Live Chat melalui Website BNI di www.bni.co.id, dengan Video Call dari 11 Digital Branch, serta 1 Video Banking di Pondok Indah Mall.
Sementara itu, Direktur TI dan Operasional BNI Dadang Setiabudi menegaskan, BNI menyediakan kebutuhan uang tunai selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
BNI menyiapkan uang tunai rata-rata sebesar Rp16,6 triliun per minggu untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di mesin ATM dan outlet. Kebutuhan tersebut naik 8 persen dibandingkan kebutuhan uang tunai perminggu di masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Editor: Dipna Videlia Putsanra