Jadwal MotoGP 2018 Usai Drama GP Austria: Menuju GP Inggris

Oleh: Fitra Firdaus - 13 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Setelah Grand Prix Austria, lanjutan jadwal MotoGP 2018 bergerak menuju Grand Prix Inggris pada Minggu (26/8/2018).
tirto.id - Jadwal MotoGP 2018 setelah Grand Prix Austria pada Minggu (12/8/2018) berlanjut menuju Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone. Seri keduabelas musim ini akan digelar pada Minggu, 26 Agustus pukul 19.00 WIB.

Dalam dua pekan terakhir, dua seri MotoGP digelar. Dua pemenang lahir, semuanya berasal dari Ducati. Setelah Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat di Grand Prix Brno Ceko pada 5 Agustus, giliran rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang juara di Grand Prix Austria.

Dalam dua balapan tersebut, Marc Marquez hanya finis di urutan ketiga dan kedua secara beruntun. Namun, pebalap Repsol Honda itu terus menjauh dari kejaran para rival. Hingga seri ke-11, dia mengumpulkan 201 poin, atau unggul 59 angka dari pesaing terdekat, Valentino Rossi (Yamaha).

Sebaliknya, Jorge Lorenzo yang dalam dua balapan tersebut meraih 45 poin, sementara ini masih berada di urutan ketiga klasemen. Ia tertinggal 12 poin dari Rossi, sekaligus di atas Dovizioso dengan perbedaan satu angka.

Lorenzo sendiri, dengan kemenangan di GP Austria, kini sudah mencatatkan tiga kali juara seri di MotoGP 2018, yaitu di Italia, Catalunya, dan Red Bull Ring. Ini adalah jawaban atas kritikan pedas yang diterima X-Fuera kala di tahun pertama bersama Ducati, tak mampu mendapatkan sekali saja gelar juara seri.

"Kemenangan ini akan menjadi salah satu yang spesial, selain (kemenangan) pertama di Mugello, terutama karena saya harus bertarung sampai akhir melawan monster seperti Marc," ungkap Lorenzo dikutip laman Crash.net.




Setelah drama demi drama di Automotodrom Brno dan Red Bull Ring, MotoGP masih menyisakan satu lomba lagi bulan Agustus 2018 ini, yaitu di Grand Prix Inggris. Sirkuit Silverstone akan menjadi saksi pertarungan para pebalap elite demi mendapatkan 25 angka.

Dalam lima musim terakhir, ada lima pemenang berbeda di GP Inggris. Fakta bahwa hanya motor Yamaha dalam kurun waktu tersebut yang berhasil meraih dua kemenangan, menunjukkan ketatnya persaingan yang mungkin tercipta.

Pada musim 2016, Maverick Vinales yang mengendarai motor GSX-RR Suzuki bisa menjadi kampiun. Musim lalu, giliran Andrea Dovizioso yang menang dengan motor Desmosedici miliknya. Kedua motor tersebut padahal bukan yang terbaik pada tahun tersebut.

Musim ini, hingga seri kesebelas, hanya ada motor RC213V Honda dan Desmosedici Ducati yang bisa menjadi juara. Namun, seperti yang terjadi pada Vinales dan Dovizioso, tidak ada jaminan bahwa Marc Marquez, Andrea Dovizioso, atau Jorge Lorenzo yang menang. Peluang pebalap lain masih terbuka lebar.

Berikut ini jadwal Grand Prix Inggris 2018.

Sabtu, 25 Agustus 2018
Sesi Kualifikasi 1 dan 2: 20.10 -- 20.50 WIB

Minggu, 26 Agustus 2018
Sesi Lomba: 19.00 WIB

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight