Jadwal Moto2 & MotoGP Portugal Hari Ini: Siaran Live Kualifikasi

Oleh: Permadi Suntama - 21 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Untuk kelas MotoGP, kualifikasi dimulai pada Sabtu pukul 21.10 WIB dan kelas Moto2 digelar setelahnya.
tirto.id - Seri 15 MotoGP 2020 dijadwalkan berlangsung 20-22 November 2020 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal. Untuk sesi hari, Sabtu (21/11) akan ada latihan bebas (FP3 dan FP4) serta kualifikasi.

Dari hasil latihan bebas hari Jumat (FP1 dan FP2), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), jadi pembalap Yamaha yang mendapat hasil paling buruk. Juara dunia 9 kali itu bahkan selalu berada di posisi 2 terbawah pencatat waktu terbaik.

Dilansir dari Motorsport, Rossi mengakui dirinya kesulitan mengendarai motor di Sirkuit Algarve. Salah satu alasannya adalah perubahan dasar set up motor untuk disesuaikan dengan lintasan.

"Treknya bagus, tetapi juga sulit. Kami mencoba melakukan beberapa perubahan. Kami menaikkan grip di bagian belakang, terapi justru membuat saya kehilangan keseimbangan," kata Valentino Rossi.

Selain itu, The Doctor menyebut kecepatannya sangat kurang di tikungan. Padahal, itu merupakan kekuatan utamanya sehingga dia harus mengatasi semua masalah di sesi berikutnya.

Sementara itu, 3 pembalap Yamaha lain masih mampu bersaing. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) selalu berada di peringkat 2 dalam FP1 dan FP2. Sementara duet Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, juga mampu berada di 10 besar klasemen kombinasi.

Johann Zarco (Avintia Racing) juga tampil sangat bagus. Kendati kesulitan di FP1 dia berhasil menyesuaikan diri dengan cepat sehingga jadi yang tercepat di FP2.

Adapun tim KTM juga patut diwaspadai. Pembalap-pembalap mereka tampil konsisten di 2 sesi latihan bebas, sehingga jadi kandidat serius untuk menang di Portimao.

Sementara itu, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir (Suzuki ECSTAR) juga tetap menunjukkan ambisinya untuk menang di Portimao. Justru rekannya Alex Rins, yang kesulitan untuk tampil maksimal di Portimao.

Setelah gelar juara dipastikan jadi milik Joan Mir, Grand Prix Portimao bakal memperebutkan posisi runner up. Pembalap yang masih punya peluang finis tepat di bawah Mir antara lain Alex Rins, Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Pol Espargaro.

Persaingan lebih sengit justru terjadi di Moto2. Juara dunia Moto2 bakal ditentukan hasil Grand Prix Portimao. 4 pembalap, yakni Enea Bastianini (Italtrans Racing), Sam Lowes (Marc VDS), Luca Marini (SKY Racing VR46) dan Marco Bezzecchi (SKY Racing VR46), punya peluang untuk jadi juara dunia.

Jadwal Kualifikasi MotoGP Portimao 2020

Sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start balapan akan berlangsung Sabtu (21/11/2020), mulai pukul 19.35 WIB. Untuk kelas MotoGP kualifikasi dimulai pukul 21.10 WIB dan kelas Moto2 digelar setelahnya.

Jalannya kualifikasi dapat disaksikan melalui live streaming Fox Sports. Selain itu, Trans7 juga bakal menayangkan siaran tunda kualifikasi MotoGP Portimao pukul 23.30 WIB.

LIVE STREAMING KUALIFIKASI MOTOGP


Baca juga artikel terkait MOTO 2 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight