Liga Europa

Jadwal Liga Eropa 2020 & Daftar Tim 16 Besar UEFA Europa League

Oleh: Gilang Ramadhan - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Liga Eropa 2020 akan dimulai kembali dengan leg pertama dan kedua 16 besar 5-8 Agustus 2020.
tirto.id - Babak 16 besar Liga Eropa 2019/2020 akan digelar pada 5 hingga 8 Agustus 2020. Sebagian laga adalah pertandingan leg pertama (diganti di tempat netral), sedangkan sebagian lainnya adalah leg kedua. Seperti Liga Champions, UEFA Europa League musim ini mengalami pengunduran jadwal karena pandemi virus corona (COVID-19).

Dari total 8 pertandingan di babak 16 besar Liga Europa, hanya ada 2 laga yang leg pertamanya belum dimainkan, yaitu duel Inter Milan vs Getafe dan Sevilla vs AS Roma. Dua partai itu ditunda pada Maret 2020 karena darurat nasional yang diterapkan oleh Italia dan Spanyol. Kali ini kedua pertandingan itu bakal dimainkan di tempat netral, tanpa mempertimbangkan home dan away.

Jika melihat jumlah tim yang tersisa, Bundesliga Jerman jadi liga dengan wakil terbanyak di 16 besar Liga Eropa, yaitu Bayer Leverkusen, Wolfsburg, dan Eintracht Frankfurt.

Hanya Bayer Leverkusen yang meraih kemenangan di leg pertama. Klub berjuluk Die Werkself menundukkan Rangers arahan Steven Gerard dengan skor 3-1 di Glasgow.

Sebaliknya Wolfsburg dan Eintracht Frankfurt sama-sama menelan kekalahan kandang. Die Wolfie takluk 1-2 dari raksasa Ukraina Shakhtar Donetsk, sedang Die Adler menyerah dari kampiun Swiss, FC Basel.

Inggris memiliki 2 wakil tersisa, yaitu Manchester United dan Wolverhampton Wanderers. Favorit juara, MU, mengantongi skor agregat 5-0 saat menggebuk wakil Austria, LASK Linz di Austria. Artinya, United hanya akan tersingkir jika LASK menang 1-6 di Old Trafford atau unggul 6 gol dalam leg kedua pada 6 Agustus 2020.

Wolverhampton masih memiliki kans lolos ke perempat final usai menahan imbang Olympiakos di Stadion Georgios Karaiskakis. Mereka punya modal bagus jelang leg kedua di Stadion Molineux.



Di sisi lain, wakil-wakil Liga Spanyol dan Italia saling "bunuh". Ada duel AS Roma melawan Sevilla dan Inter Milan kontra Getafe. Laga yang disebut terakhir diputar di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen.

Inter Milan arahan Antonio Conte tengah dalam performa apik. Nerazzurri memang gagal mendapatkan scudetto musim ini, tetapi mereka bertengger di posisi 2 klasemen Liga Italia, dan tidak terkalahkan dalam 8 laga terakhir.

Dengan padatnya jadwal Serie A, 14 laga dalam 2 bulan terakhir, Conte mengaku puas terhadap respons tim. Meski demikian, Getafe memiliki waktu pemulihan energi yang lebih banyak lantaran LaLiga sudah rampung, sedang Serie A masih menyisakan satu giornata.

"Kami harus bersiap untuk mengakhiri musim di Europa League, mengetahui tim-tim lainnya memiliki waktu pemulihan yang lebih. Tim dari negara lain memiliki waktu persiapan yang lebih lama dan menghadapi mini-turnamen ini dengan banyak energi," ungkap Conte dikutip dari Football-Italia.

Duel menarik lainnya bakal tersaji di Stadion MSV-Arena Duisburg antara Sevilla melawan wakil Italia, AS Roma. Pemenang duel ini bakal berhadapan dengan pemenang duel Wolverhampton vs Olympiacos.



Jadwal Liga Europa 2020 Terbaru


Jadwal sisa 16 besar Liga Europa 2019/2020 adalah sebagai berikut.

Rabu, 5 Agustus 2020
23.55 WIB
Kopenhagen vs Istanbul Basaksehir
Shakhtar Donetsk vs Wolfsburg

Kamis, 6 Agustus 2020
02.00 WIB
Inter Milan vs Getafe
Manchester United vs LASK

23.55 WIB
Bayer Leverkusen vs Rangers
Sevilla vs AS Roma

Jumat, 7 Agustus 2020
02.00 WIB
Basel vs Eintracht Frankfurt
Wolverhampton vs Olympiacos

Bagan 8 Besar Europa League 2020

Wolverhampton/Olympiacos vs Sevilla/AS Roma
LASK/Manchester United vs Kopenhagen/Istanbul Basaksehir
Inter Milan/Getafe vs Rangers/Bayer Leverkusen
Wolfsburg/Shakhtar Donetsk vs Eintracht Frankfurt/Basel

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight