Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Sambas

Oleh: M Faisal - 17 Mei 2018
Sambas identik dengan potensi udangnya yang besar.
tirto.id - Kabupaten Sambas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah provinsi Kalimantan Barat.

Salah satu yang identik dengan Kabupaten Sambas ialah udang yang terdapat di aliran sungai Sambas. Udang ini biasa disebut udang ranggah. Ukurannya besar, harganya tinggi, dan diminati banyak orang. Udang ranggah mempunyai capit yang berwarna kebiruan, tubuhnya memanjang dan ukurannya lebih besar dari jenis udang lainnya, udang ini hidup di air dangkal dan rawa-rawa.

Hal lain yang dikenal dari Sambas yakni prosesi pengantin adat Melayu. Pernikahan adat Melayu di Sambas dilaksanakan selama dua hari; untuk prosesi akad nikah dan penyambutan tamu undangan.

Mempelai wanita dan pria yang sudah dirias akan diarak ramai-ramai menuju ke pelaminan, diiringi alat musik rebana ala timur tengah dan musik tanjidor, berganti-gantian.

Sekilas, prosesi pernikahan adat Melayu di Sambas, memang terlihat seperti arak-arakan pengantin Betawi. Arak-arakan pengantin bertujuan untuk memberi kabar kepada masyarakat sekitar dan dilakukan sampai ke pelaminan.

Sebagai hiburan untuk para tamu, berbagai macam seni tradisi pun ditampilkan, termasuk silat Melayu dan Tarian Cidayu. Cidayu adalah kepanjangan dari Cina, Dayak, dan Melayu.

Tarian ini dibuat sebagai simbol keakraban dan toleransi dari tiga suku terbesar yang ada di Pulau Kalimantan, sebagaimana dengan semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-berbeda tetapi tetap satu jua Indonesia.

Bagi masyarakat Padang Sidempuan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya M Faisal
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: M Faisal
Editor: M Faisal
a