Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Pamekasan Hari Ini

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 17 Mei 2018
Ramadan selalu disambut meriah oleh masyarakat Pamekasan, sebagaimana Madura punya budaya dan kesenian dengan pengaruh islam yang kuat.
tirto.id - Pamekasan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Kabupaten dengan 13 kecamatan dan 178 desa ini dihuni mayoritas oleh warga muslim—sebagaimana Madura yang budaya dan keseniannya punya pengaruh islamnya yang kuat.

Dengan demikian Ramadan selalu menjadi bulan yang paling dinanti warga Pamekasan. Kemeriahan hadir di masjid-masjid oleh para jamaah segala umur yang berburu pahala besar, tak terkecuali Masjid As-Syuhada sebagai masjid terbesar di kabupaten tersebut.

Di masjid inilah salat Tarawih berjamaah dijalankan, demikian juga pengajian-pengajian spesial Ramadan, hingga puncaknya salat Idul Fitri yang diikuti oleh ribuan warga. Panitia masjid menyediakan takjil untuk buka puasa terutama untuk kaum duafa, juga mengorganisir dan mendistribusikan zakat fitrah.

Bagi masyarakat Pamekasan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Akhmad Muawal Hasan