Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Padang Sidempuan

Oleh: M Faisal - 17 Mei 2018
Kota Padang Sidempuan identik dengan kota yang kecil tapi sejuk karena letaknya di kaki pegunungan.
tirto.id - Padangsidempuan adalah kota di Provinsi Sumatera Utara. Arti kata Padangsidempuan adalah rerumputan yang terletak di dataran tinggi. Untuk mencapai kota ini, Anda bisa melewati Rantauparapat dan Gunungtua, atau bisa juga lewat Tarutung dan Sipirok. Dari Bandara Perintis Pinangsori, Kota Sibolga, bisa menempuh perjalanan udara selama 1 jam, sedangkan jalan darat dari Sibolga membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.

Awal berdirinya kota ini dimulai ketika pasukan Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Lelo mendirikan benteng di daerah Tapanuli yang cukup besar pada 1821. Benteng yang terbentang dari Batangayumi hingga Aeksibontar tersebut dijadikan Belanda sebagai pusat pemerintahan daerah Tapanuli. Oleh karena itu, meski benteng tersebut sudah tidak terawat lagi, namun masih banyak warisan dari pemerintah kolonial tersebut tersisa di Padangsidempuan.

Kendati tak begitu besar, Padang Sidempuan punya tempat menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang pertama adalah Candi Bahal. Candi ini terdiri dari 3 buah candi yang disebut Bahal I, Bahal II dan Bahal III. Lalu, ada objek wisata alam Tor Simarsayang. Lokasi ini terletak di Kelurahan Batang Ayumi Julu, Padangsidempuan Utara. Lokasi ini memberikan keindahan panorama perbukitan yang asri dan menyejukkan mata.

Tepat di jantung kota Padangsidempuan, ada halaman luas yang diberi nama Alaman Bolak. Di lokasi ini juga ada Plaza Anugrah dan Masjid Raya Padangsidempuan. Di Alaman Bolak, Anda bisa bersantai dan menikmati suasana sore hari.

Bagi masyarakat Padang Sidempuan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya M Faisal
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: M Faisal
Editor: M Faisal
a