Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Ngawi Hari Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Mei 2018
Di Ngawi, terdapat Masjid Agung Baiturrahman yang dibangun pada abad ke-19.
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Ngawi, salah satu kabupaten penting di Jawa Timur. Kabupaten yang akar katanya adalah awi (bambu) ini, berpenduduk 994,393 jiwa berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Masjid ikon di kabupaten Ngawi adalah Masjid Agung Baiturrahman. Masjid yang oleh masyarakat sekitar disebut sebagai 'Masjid Gedhe' ini didirikan pertama kali pada tahun 1879. Masjid ini terletak di alun-alun kota, tepatnya di desa Margomulyo, kecamatan Ngawi.

Masjid Agung Baiturrahman ini merupakan peninggalan bupati keenam Ngawi, Raden Mas Tumenggung Brotodiningrat yang merupakan adik pahlawan nasional RA Kartini. Dilihat dari gaya arsitekturnya hingga saat ini, masjid tersebut masih mempertahankan unsur Jawa yang kental, terutama di bagian atap masjid yang bukan kubah khas Timur Tengah.

Masyarakat kabupaten Ngawi dapat mengetahui informasi jadwal imsak, subuh, dan maghrib melalui fitur pencarian jadwal imsakiyah 1439H/2018M yang disuguhkan oleh Tirto.id. Fitur ini meliputi seluruh kota dan kotamadya di Indonesia. Dengan demikian, ketika kita bepergian atau jauh dari masjid, umat Islam dapat tetap memantau jadwal salat selama Ramadan.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
a