Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Lamongan Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 17 Mei 2018
Warga Lamongan menyambut Ramadan dengan tradisi Lemban Ramadhan.
tirto.id - Lamongan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat.

Memasuki Ramadan, warga Lamongan yang tinggal di kawasan Sungai Bengawan Jero memiliki tradisi unik "Lemban Ramadhan." Lemban merupakan penyebutan masyarakat di kawasan Sungai Bengawan Jero, dalam mengayuh perahu menyusuri sungai. Saat Ramadan, warga Lamongan menggelar Tour d'Bengawan Jero, yakni tradisi membagikan takjil dengan menggunakan perahu.

Selain itu, warga Desa Paciran memiliki tradisi buka bersama dengan nasi kuning, sayur lodeh maupun lalapan aneka warna. Di Kota Lamongan sendiri, warga biasanya berkumpul di Masjid Namira. Masjid banyak dikunjungi jemaah meski saat subuh. Saat bulan Ramadan masjid Namira menyediakan makanan gratis sebanyak 2000 untuk buka puasa dan sahur.

Bagi masyarakat Lamongan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora