Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kuningan Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Warga Kuningan mengajak kebaikan dan mengingatkan umat dengan pawai obor hingga tasyakuran bersama di makam leluhur menyambut Ramadan.
tirto.id - Provinsi Jawa Barat memiliki satu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, yakni Kabupaten Kuningan. Di kabupaten ini, terdapat Masjid At-Taufik yang dibangun Pemerintah Kabupaten Kuningan sebagai pusat aktivitas ibadah sesuai dengan visi Kuningan yang ingin menjadikan masyarakatnya sebagai masyarakat yang agamis termasuk saat bulan Ramadan.

Seperti di daerah lain, Kabupaten Kuningan juga memiliki aktivitas menjelang buka puasa. Kegiatan menjelang Magrib atau ngabuburit itu berada di pusat kota atau tepatnya di pertokoan Siliwangi. Di samping kiri dan kanan ruas jalan pertokoan itu dipenuhi oleh puluhan pedagang kaki lima yang menjual beragam menu takjil.

Menyambut bulan penuh berkah, sesuai tradisi yang berlaku di masyarakat Muslim Kuningan, mereka mengajak kebaikan dan mengingatkan umat dengan pawai obor hingga tasyakuran bersama di makam leluhur. Tradisi lain, warga bergotong royong memoles mushola dengan mengecat dan bersih-bersih. Selain itu, mereka juga mengganti perlengkapan dan peralatan untuk keperluan shalat tarawih.

Bagi masyarakat Kuningan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis