Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kota Madiun Hari Ini

Oleh: Yuliana Ratnasari - 17 Mei 2018
Tradisi megengan ini rutin dilakukan masyarakat Kota Madiun sehari sebelum perayaan ibadah puasa Ramadan.
tirto.id - Sejak Kamis 17 Mei 2018 umat Muslim di Indonesia mulai menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah, termasuk di Madiun. Salah satu kota di Provinsi Jawa Timur ini memiliki cara khas menyambut perayaan Ramadan 2018.

Megengan, demikian nama tradisi yang kerap ditunaikan masyarakat Kota Madiun menjelang ibadah puasa Ramadan dimulai. Tradisi megengan ini dilakukan selepas Magrib di masjid atau musala yang ada di tiap RT yang tersebar di seluruh wilayah Kota Madiun. Masyarakat yang datang ke acara itu untuk saling bertukar makanan.

Tradisi megengan ini rutin dilakukan sehari sebelum perayaan ibadah puasa Ramadan. Berkat makanan yang dibawa oleh masing-masing keluarga bervariasi sesuai dengan kemampuan. Dulu, makanan dalam megengan harus ditambahkan apem. Namun karena jajanan ini sudah jarang, makanan yang akan ditukarkan bisa apa saja.

Selain megengan, tradisi lain jelang Ramadan yang masih lestari di Kota Madiun adalah nyekar atau berziarah ke makam leluhur. Para peziarah biasanya akan membawa bunga untuk ditabur di atas pusara.

Bagi masyarakat Kota Madiun yang menjalankan ibadah puasa, informasi jadwal imsak, subuh, dan magrib penting untuk diketahui. Terlebih, bagi pelancong yang tengah berkunjung ke kota ini. Untuk memudahkan mengetahui jadwal berbuka, magrib, imsak, atau waktu salat selama Ramadan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia, termasuk di Kota Madiun.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari