Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kota Jayapura Hari Ini

Oleh: Yuliana Ratnasari - 17 Mei 2018
Tradisi bakar batu dilakukan warga Kota Jayapura untuk bersilaturahmi sebelum berpuasa Ramadan selama sebulan lamanya.
tirto.id - Awal Ramadan 1439 Hijriah telah ditetapkan pemerintah, yakni Kamis, 17 Juni 2018. Dengan begitu, ibadah puasa Ramadan akan dijalankan umat muslim di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali warga Kota Jayapura.

Penduduk di ibu kota Provinsi Papua itu sebagian besar beragama Islam. Momen puasa Ramadan ini biasanya tak hanya untuk menjalankan ibadah tetapi juga kesempatan untuk menggelar tradisi unik berupa bakar batu.

Bakar batu dilakukan dengan cara memasak makanan dengan menggunakan batu yang dipanasi lebih dulu dengan api. Batu ini lalu digunakan sebagai pemanas bahan makanan. Sebelum makanan dimasak dengan batu, dibuat lubang dengan diameter kurang lebih setengah meter dan kedalaman 50 sentimeter.

Tradisi ini dilakukan untuk bersilaturahmi sebelum berpuasa selama sebulan lamanya. Saat itu, umat muslim Kota Jayapura Papua bisa saling memaafkan dan memberi ucapan selamat beribadah puasa pada kerabat dan keluarga.

Bulan suci Ramadan begitu lekat bagi masyarakat Kota Jayapura. Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa, informasi jadwal imsak, subuh, dan magrib penting untuk diketahui. Terlebih, bagi pelancong yang tengah berkunjung ke kota ini.

Untuk memudahkan mengetahui jadwal berbuka, magrib, imsak, atau waktu salat selama Ramadan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia, termasuk di Kota Jayapura.





Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari