Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kota Cirebon Hari Ini

Oleh: Yuliana Ratnasari - 17 Mei 2018
Warga Kota Cirebon memiliki kebiasaan untuk membangunkan makan sahur bagi warga sekitar yang dinamakan ngobrog.
tirto.id - Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Juni 2018. Dengan keputusan ini, umat muslim di Indonesia siap menyambut bulan suci ini dan menjalankan ibadah puasa.

Perayaan selama Ramadan tak terkecuali juga diramaikan masyarakat Kota Cirebon. Mereka memiliki kebiasaan untuk membangunkan makan sahur bagi warga sekitar yang dinamakan ngobrog. Kegiatan ini dilakukan sambil bernyanyi dengan iringan kentongan dan beduk, biasanya dimulai pada pukul 02.00 WIB.

Sambil bernyanyi, puluhan pemuda menghampiri setiap rumah untuk membangunkan warga makan sahur. Tradisi ini masih lestari karena disambut baik masyarakat. Mereka mengaku dapat bangun lebih awal untuk mempersiapkan sahur.

Tak hanya dengan tradisi unik bernama ngobrog, masyarakat Cirebon yang berpuasa pun membutuhkan informasi jadwal imsak, subuh, dan magrib. Untuk memudahkan mengetahui jadwal berbuka, magrib, imsak, atau waktu salat selama Ramadan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia, termasuk di Kota Cirebon.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
a