Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kota Bogor Hari Ini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 17 Mei 2018
Jadwal Imsak, Subuh, dan buka puasa 2018 di Bogor bisa dicek di Tirto.id
tirto.id - Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, terletak 59km sebelah selatan Jakarta. Kota yang dikenal dengan julukan kota hujan ini mempunyai tradisi khas selama bulan Ramadhan. Mulai dari agenda cucurak sampai dengan tradisi Ngubek Situ.

Cucurak adalah kebiasaan masyarakat Bogor untuk menyambut bulan Ramadan. Biasanya cucurak dilakukan dengan acara jalan-jalan dan makan-makan bersama satu keluarga setiap menjelang Bulan Ramadan.

Selain cucurak, warga Kota Bogor juga memiliki tradisi khusus dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadan, yaitu dengan menguras isi Situ Gede yang terletak di kawasan Hutan CIFOR. Agenda ini dikenal dengan istilah Ngubek Situ.

Situ Gede adalah sebuah danau yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat. Kawasan ini adalah salah satu destinasi wisata menarik di Kota Bogor. Daerah yang memiliki luas 4,6 hektare ini dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dengan potensi wisata sekaligus tradisi di dalamnya.

Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga toleransi, Walikota Bogor Bima Arya bersama tokoh lintas iman, pemuda, serta ormas dan OKP se-Kota Bogor pernah melakukan deklarasi bersama "Bogor Kota Toleran".

Berikut kutipan isi deklarasi: perjalanan dari masa ke masa telah membentuk Kota Bogor sebagai kota yang ramah dan rukun dalam keberagaman suku, agama, ras dan golongan. Catatan-catatan intoleransi yang terjadi di Kota Bogor
bukanlah marwah sejatinya warga kota yang santun, ramah, dan berbudaya.

Bagi masyarakat Bogor yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani