Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Gunungsitoli Hari Ini

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 17 Mei 2018
Jelang Ramadan masyarakat Gunungsitoli menjalankan tradisi mandi laut atau "menagawa" untuk membersihkan diri.
tirto.id - Gunungsitoli adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara. Statusnya adalah salah satu wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Nias yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2008. Hari jadinya selalu dirayakan pada tanggal 26 November.

Mayoritas masyarakat kota Gunungsitoli menganut Kristen Protestan, mencapai lebih dari 70 persen. Masyarakat muslimnya tidak sampai 14 persen. Namun setiap bulan Ramadan mereka tetap memeriahkannya sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah wajib, terutama dengan menghadiri masjid-masjid di Gunungsitoli.

Salah satu tradisi yang dilaksanakan masyarakat muslim di kota ini adalah dengan mandi di laut yang ditujukan untuk membersihkan diri. Nama lokalnya “menagawa”, dan tujuannya agar mampu menjalankan puasa selama 30 hari, selancar-lancarnya, sebaik-baiknya.

Bagi masyarakat Gunungsitoli yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Akhmad Muawal Hasan