Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Gresik Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 17 Mei 2018
Warga Gresik menyambut Ramadan dengan menghadirkan kampung Ramadan.
tirto.id - Gresik merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa. Populasi di kabupaten Gresik mencapai 1,3 juta penduduk.

Di Gresik terdapat tradisi unik saat Ramadan. Warga setempat menggelar Pasar Bandeng yang biasanya berlangsung pada malam 27 hingga malam 28 Ramadan. Berdasarkan catatan sejarah, tradisi itu berawal dari kehadiran Pasar Bandeng untuk memenuhi kebutuhan para santri Sunan Giri di Pondok Pesantren Giri Kedaton, atau yang kini dikenal dengan Desa Sidomukti, Gresik.

Tradisi Ramadan lainnya yakni hadirnya Kampung Ramadan yang biasanya digelar di Masjid Agung Gresik di jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas. Masjid Agung Gresik merupakan salah satu masjid terbesar di di wilayah itu yang dibangun pada 2004.

Bagi masyarakat Gresik yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora