Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Cilegon Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 17 Mei 2018
Warga Pekanbaru memiliki tradisi Mikran ketika Ramadan.
tirto.id - Cilegon merupakan kota di Provinsi Banten. Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri. Ketika Ramadan tiba, warga Cilegon memiliki tradisi yang dikenal dengan nama Mikran yaitu tadarus Alquran setiap malam sepanjang Bulan Suci Ramadan. Mikran bisanya dilakukan beberapa saat setelah pelaksanaan Salat Tarawih.

Selain Mikran, warga Cilegon juga memiliki tradisi Qunutan atau Kupatan atau Kupat Qunut. Tradisi ini digelar di pertengahan bulan Ramadan. Ini sebagai ucapan syukur karena telah melewati separuh Ramadan. Cilegon yang menjadi tempat tinggal lebih dari 400 ribu penduduk itu biasanya merayakan Qunutan Ramadan dengan membuat ketupat dan lauk seperti opor, rabeg, gulai dan lainnya.

Tradisi lainnya yang sangat kental ketika Ramadan di Kota Cilegon yakni berburu takjil di Masjid Agung Cilegon. Selain takjil, pengurus Masjid juga menggelar bazar ketika Ramadan.

Bagi masyarakat Kota Cilegon yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
a