Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Cianjur Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 17 Mei 2018
Masyarakat Cianjur merayakan tradisi menyambut datangnya bulan Ramadan yang disebut Papajar.
tirto.id - Kabupaten Cianjur yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini mayoritas penduduknya sekitar 98 persen beragama Islam. Bagi warga Cianjur, siapa yang tak kenal dengan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota ini yakni Masjid Agung Cianjur. Sesuai dengan namanya, masjid ini berdiri megah di tengah kota, tak jauh dari alun-alun, pendopo, dan kantor pos Cianjur.

Dua buah menara menjulang tinggi dengan atap prisma bertingkat menjadi ciri khas bangunan terbesar di ibukota Cianjur ini. Usia masjid ini kini telah lebih dari 200 tahun dari awal pertama kali dibangun tahun 1810.

Hal unik lain dari Cianjur yakni tradisi menyambut datangnya bulan Ramadan yang disebut Papajar. Ratusan warga Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar Papajar atau menyambut datangnya bulan Ramadan dengan menggelar liwet sepanjang 700 meter. Nasi liwet yang disajikan di atas daun pisang sebagai alas makan dan dijajarkan di jalan kampung di wilayah tersebut.

Papajar merupakan tradisi warga Cianjur menyambut datangnya bulan puasa dimana ada kegiatan ngaliwet sebagai ajang rekreasi sekaligus sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga.

Bagi masyarakat Kabupaten Cianjur yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H



Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
a