Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Banjarnegara Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Mei 2018
Banjarnegara memiliki tradisi Nyadran Gedhe yang dilakukan rutin setiap tahun menyambut Ramadan.
tirto.id - Banjarnegara adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah penduduk sekitar 916 ribu jiwa. Untuk menyambut datangnya Ramadan, masyarakat Banjarnegara punya tradisi bernama Nyadran Gedhe yang dilakukan rutin tiap tahun.

Tradisi ini dilakukan setiap Senin atau Kamis terakhir bulan Syaban. Masyarakat berbondong-bondong menggunakan busana adat Jawa untuk berkumpul di balai desa. Mereka datang dengan membawa gunungan dari hasil bumi serta tenong berisi makanan yang nantinya akan dimakan bersama-sama setelah proses sadran selesai.

Masjid yang terkenal di Banjarnegara adalah Masjid At-Taqwa Gumelem. Dahulu masjid ini tak memiliki nama, warga hanya menyebutnya Masjid Kuno. Namun kemudian, Bupate Endro Suwaryo memberi nama masjid At-Taqwa. Meski sudah berusia 300 tahun, pilar-pilar dalam masjid belum pernah diganti dan hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Bagi masyarakat Banjarnegara yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra