Jadwal Final Basket PON 2021 Hari Ini: Sulut vs DKI Bali vs Jatim

Oleh: Permadi Suntama - 9 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Final bola basket putra dan putri PON Papua 2021 akan digelar di Mimika Sport Center, pada Sabtu (9/10/2021).
tirto.id - Jadwal pertandingan final bola basket putra dan putri PON Papua 2021 akan digelar di Mimika Sport Center, pada Sabtu (9/10/2021), hari ini. Di final basket putra Sulawesi Utara vs DKI Jakarta akan memperebutkan medali emas, sementara di nomor basket putri akan mempertandingkan final antara Bali vs Jawa Timur.

Bagi tim bola basket putra Sulawesi Utara (Sulut), final PON 2021 merupakan capaian terbaik mereka di Pekan Olahraga Nasional cabor bola basket. Oleh karenanya, mereka bertekad untuk meraih hasil terbaik, sekaligus menumbangkan DKI Jakarta.

Meskipun upaya tersebut diprediksi berlangsung sulit, tetapi tim bola basket Sulut yakin bisa melakukannya. Dikutip dari laman resmi IBL, pelatih Sulut Roland Rengkong, berharap pemainnya dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya supaya dapat meraih hasil terbaik.

Pasalnya, secara kualitas DKI Jakarta lebih unggul dibanding SUlut, sehingga mereka harus bermain secara kolektif. "Saya ingin mereka mengeluarkan semuanya di laga final nanti," kata Roland.

Tim bola basket Sulut sukses membuat kejutan dengan melaju ke final, mengalahkan tim-tim unggulan. Mereka pun memiliki rekor kemenangan yang cukup impresif sepanjang laga penyisihan dan belum terkalahkan.

Oleh karena itu, pelatih Roland Rengkong, bertekad untuk melanjutkan tren positif tersebut dan mengamankan gelar juara dan meraih medali emas. Hal itu pun bakal menjadi sejarah tersendiri bagi tim PON Sulawesi Utara di cabor bola basket.

Di lain pihak, tim DKI Jakarta mengaku sudah siap untuk bertanding di laga final PON 2021. Pelatih Tondi Raja Syailendra, pun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi Sulawesi Utara karena anak asuhnya sudah siap secara fisik dan mental.

Tim DKI Jakarta yang memiliki skuad lebih bagus dan berpengalaman di kompetisi profesional pun lebih diunggulkan. Di PON 2021 DKI Jakarta diperkuat pemain-pemain seperti Ali Bagir Alhadar, Yesaya Saudale, Aldy Izzatur Rachman, hingga Patrick Nikolas.

Ali Bagir dan Yesaya Saudale merupakan pemain Indonesia Patriots di IBL 2021. Mereka merupakan pemain-pemain yang disiapkan untuk ajang FIBA Basketball 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Oleh karenanya, secara kualitas dan mental tim bola basket DKI Jakarta lebih bagus dibanding Sult. "Kami sudah siap untuk final ini. Kami sudah menyiapkan tim selama tiga setengah tahun terakhir," kata Tondi.

Sementara itu, dalam perebutan medali perunggu tim bola basket Jawa Timur sukses menumbangkan Jawa Tengah. Dalam pertandingan yang berlangsung di Mimika Sport Complex, pukul 11.00 WIB Dio Tirta dan kolega menang dengan skor 63-55.

Berikut ini adalah jadwal final PON 2021 cabor bola basket yang berlangsung hari ini, di Mimika Sport Cpmplex, Papua.

Jadwal Bola Basket PON 2021


Perebutan Medali Perunggu Putra

Pukul 11.00 WIB Jawa Timur vs Jawa Tengah 63-55

Final Putra (Perebutan Medali Emas)

Pukul 13.00 WIB Sulawesi Utara vs DKI Jakarta


Baca juga artikel terkait PON 2021 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight