Menuju konten utama

Jadwal Daftar Ulang SPAN PTKIN 2021, Syarat & Tata Cara di 5 Kampus

Pengumuman hasil SPAN-PTKIN 2021 bisa diakses online. Peserta yang lulus SPAN-PTKIN 2021 perlu mendaftar ulang.

Jadwal Daftar Ulang SPAN PTKIN 2021, Syarat & Tata Cara di 5 Kampus
(Ilustrasi) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. FOTO/uinsgd.ac.id

tirto.id - Peserta SPAN PTKIN 2021 sudah bisa melihat pengumuman kelulusannya mulai pukul 13.00 WIB, Senin siang, 12 April 2021. Para peserta jalur seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN/UNSIKA melalui jalur prestasi ini bisa mengakses pengumuman hasil SPAN PTKIN 2021 secara online melalui link yang disediakan panitia.

Mengecek pengumuman SPAN PTKIN 2021, bisa diakukan peserta seleksi dengan terlebih dahulu memasukkan nomor pendaftaran di kolom yang sudah tersedia.

Lantas, klik ikon "Lihat Hasil" untuk mengecek pengumuman kelulusan SPAN PTKIN 2021. Untuk melihat penguman hasil SPAN PTKIN 2021, silakan klik link di bawah ini.

Link Pengumuman Hasil SPAN PTKIN 2021

Nomor pendaftaran atau ID pendaftaran bisa dilihat pada Kartu Tanda Peserta SPAN-PTKIN 2021. Tepatnya, di kartu yang tercetak di saat selesai mendaftar tersebut, nomor ID pendaftaran tertera pada bagian atas.

Para siswa juga bisa menghubungi sekolah masing-masing untuk meminta informasi mengenai ID Pendaftaran. Saat mendaftar di laman SPAN-PTKIN, siswa diharuskan memasukkan ID Pendaftaran dan password yang diberikan oleh pihak sekolah.

Bagi mereka yang belum lolos seleksi SPAN-PTKIN 2021 bisa mengikuti jalur seleksi lainnya. Untuk seleksi nasional masuk PTKIN 2021 yang bisa diikuti adalah UM-PTKIN, yang menerapkan sistem ujian elektronik.

Pendaftaran UM-PTKIN sudah dimulai sejak 1 April 2021. Jadwal pendaftaran UM-PTKIN 2021 ialah sampai 30 April mendatang, dan bisa diikuti lulusan SMA/MA sederajat 2019, 2020 dan 2021.

Adapun mereka yang dinyatakan lolos seleksi SPAN PTKIN 2021 harus melaksanakan pendaftaran ulang di PTKIN pilihan masing-masing. Proses ini sesuai ketentuan di masing-masing PTKIN.

Cara Daftar Ulang SPAN-PTKIN 2021 di 5 Kampus

Sejumlah PTKIN, baik berstatus sebagai UIN, IAIN, maupun STAIN, telah merilis pengumuman mengenai tata cara pendaftaran ulang bagi mereka yang lulus jalur seleksi SPAN-PTKIN 2021.

Pendaftaran ulang di sejumlah PTKIN itu bisa dilaksanakan secara online. Adapun ketentuannya menyesuaikan dengan aturan yang berlaku di masing-masing UIN/IAIN/STAIN. Begitu pula dengan tata cara pendaftaran ulang peserta lulus SPAN-PTKIN 2021.

Berikut tata cara pendaftaran ulang bagi peserta lulus SPAN-PTKIN 2021 di sejumlah PTKIN, serta jadwal pelaksanaannya.

1. Pendaftaran ulang di IAIN Surakarta

Berdasar pengumuman resmi IAIN Surakarta, pendaftaran ulang atau registrasi bagi peserta lulus SPAN-PTKIN bisa dilakukan di kampus ini secara online melalui laman http://registrasimaba.iain-surakarta.ac.id pada tanggal 15-25 April 2021.

Sebelum melakukan registrasi ulang, pendaftaran akun harus dilakukan terlebih dahulu. Panduan tata cara registrasi bisa dilihat melalui link ini.

Untuk pendaftaran ulang, calon mahasiswa IAIN Surakarta perlu melampirkan berkas-berkas berikut:

  • Scan slip gaji atau scan surat pernyataan penghasilan orang tua ber materai 6000 (kalau tidak ada slip gaji);
  • Scan Kwitansi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau scan surat pernyataan masih kontrak atau numpang orang tua (pengganti PBB);
  • Scan bukti pembayaran Listrik atau pembelian token;
  • Scan surat pernyataan pemakaian pulsa per bulan (satu keluarga);
  • Dua (2) foto rumah (1 bagian depan, 1 bagian dalam rumah);
  • Scan Kartu Keluarga;
  • file foto diri terbaru dengan background warna merah;
  • Scan Surat Keterangan Bebas Narkoba;
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK;
  • Scan Copy Raport Semester 1-5;
  • Scan ijazah atau surat keterangan lulus.
Info selengkapnya bisa dicek melalui link ini.

2. Pendaftaran Ulang di UIN Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya sudah merilis pengumuman bahwa para peserta lolos SPAN-PTKIN 2021 untuk masuk kampus tersebut diwajibkan melakukan pendaftaran ulang pada bulan ini.

Para siswa yang lolos masuk UIN Sunan Ampel (UINSA) harus melakukan pengisian borang daftar ulang/dokumen untuk penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara online, pada 14-19 April 2021.

Pengisian secara online itu melalui laman pmb.uinsby.ac.id/login.

"Gunakan User-ID No peserta SNMPTN dan password tanggal lahir (ddmmyyyy), lengkapi biodata yang kurang dan lakukan FINALISASI," demikian pengumuman resmi dari UINSA.

Dalam pengisian borang daftar ulang / dokumen untuk penetapan UKT, para siswa yang lolos SPAN PTKIN 2021 perlu mengunggah dokumen sebagai berikut:

  • Pernyataan penghasilan orang tua (ayah dan/atau ibu – jika kedua orang tua bekerja, menjadi 1 file dalam bentuk PDF);
  • Foto rumah (tampak dari luar, kondisi di dalam rumah, ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi);
  • Karena foto di atas lebih dari 1, harus diupload dalam format PDF;
  • Hasil scan Kuitansi Pembayaran Listrik terbaru;
  • Hasil scan Kuitansi pembayaran air (jika langganan air PDAM);
  • Hasil scan Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan;
  • Surat keterangan kepemilikan kendaraan bermotor;
  • Hasil Scan Kartu Susunan Keluarga;
  • Hasil scan Kartu Keluarga Sejahtera (bila ada);
  • Bukti permohonan KIP-K (bila ada);
  • Pernyataan Tanggungan Keluarga;
  • Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Menduduki Kelas XII yang dilengkapi dengan foto berwarna terbaru, cap/stempel sekolah serta tanda tangan Kepala Sekolah;
  • Pas foto CAMABA (gunakan photo pendaftaran SPAN-PTKIN);
  • Surat pernyataan kebenaran data/dokumen yang diunggah (bermaterai cukup);

Sementara pengumuman penetapan UKT tanggal 26 April 2021 dapat dilihat menggunakan akun masing-masing di pmb.uinsby.ac.id/login.

Kemudian, registrasi mahasiswa baru (pembayaran UKT) dilaksanakan pada tanggal 26 April - 2 Mei 2021 dengan cara login ke laman yang sama, yakni pmb.uinsby.ac.id/login, dan kemudian masuk menu Riwayat Keuangan.

Tandai centang pada TAGIHAN PENDAFTAR dan klik GENERATE untuk mendapatkan kode bayar atau virtual akun, yang selanjutnya kode ini digunakan untuk proses pembayaran melalui Bank BTN, atau transfer dari Bank lain yang ditujukan ke Bank BTN, atau dengan fasilitas perbankan lainnya, ATM atau M-Banking. Biaya kuliah dibayar secara tunai alias tidak diangsur.

"Calon mahasiswa yang terlambat mengisi borang UKT dan registrasi pada waktu yang telah ditetapkan, yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri," begitu isi pengumuman resmi di laman UINSA.

Informasi selengkapnya bisa dilihat dengan mengakses link ini.

3. Pendaftaran Ulang di UIN Jakarta

Mengutip informasi di laman admisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, setelah hasil kelulusan SPAN-PTKIN 2021 diumumkan di tanggal 12 April 2021, jadwal rangkaian verifikasi hingga pendaftaran ulang adalah sebagai berikut:

  • Pengisian UKT: 12-21 April 2021
  • Pengumuman UKT: 27 April 2021
  • Klarifikasi UKT: 27-29 April 2021
  • Pengumuman hasil klarifikasi UKT: 4 Mei 2021
  • Pendaftaran Ulang: 14 April sampai 7 Mei 2021.

Sementara alur daftar ulang di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bagi peserta lolos SPAN-PTKIN 2021 adalah sesuai urutan di bawah ini:

  • Lolos verifikasi rapor
  • Proses pengisian UKT
  • Pengumuman kelompok UKT
  • Klarifikasi data dukung UKT (bagi yang tidak setuju dengan penetapan kelompok UKT)
  • Pengumuman hasil klarifikasi UKT
  • Pembayaran UKT di bank (14 April - 7 Mei 2021)
  • Daftar ulang (14 April - 7 Mei 2021)
  • Tes ETIC dan TOAFL (kunjungi pusatbahasa.uinjkt.ac.id).

Pendaftaran ulang dilakukan dengan cara login di laman spmb.uinjkt.ac.id. Saat memasuki laman tersebut, calon mahasiswa bisa klik ikon Login Daftar Ulang, untuk keperluan pendaftaran ulang. Atau langsung klik tautan ini.

Proses pengisian UKT juga dilakukan via laman spmb.uinjkt.ac.id. Caranya adalah, setelah masuk ke situs resmi milik UIN Jakarta itu, klik ikon Proses UKT, atau bisa lansung kunjungi link ini.

4. Pendaftaran Ulang di UIN Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengumumkan bahwa pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang lolos SPAN-PTKIN 2021 bisa dilakukan secara online. Pendaftaran ulang di kampus ini melalui laman pmb-daftar.uinsgd.ac.id.

Untuk melakukan daftar ulang, para calon mahasiswa perlu login di laman itu dengan memasukkan email dan password yang sudah terdaftar, kemudian memilih jenis jalur masuk serta tahun daftar, lantas klik login.

Apabila email dan password belum terdaftar, para calon mahasiswa bisa registrasi terlebih dahulu dengan klik tautan yang tersedia di bagian atas laman atau langsung mengunjungi link ini.

Sejumlah ketentuan pendaftaran ulang bagi peserta lulus SPAN PTKIN 2021 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ialah sebagai berikut:

  • Pengisian Biodata bagi yang telah Lulus SPAN-PTKIN 2021 dilakukan mulai tanggal 13 April 2021 Pukul 14.00 WIB sampai dengan tanggal 19 April 2021 Pukul 23.59 WIB;
  • Pengisian Biodata diisi secara lengkap dan benar;
  • Pengisian Biodata ini sebagai dasar penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal);
  • Bagi Calon Mahasiswa yang telah Lulus Seleksi, dan tidak melakukan Pendaftaran Ulang (Isi Biodata) akan dikenakan sanksi administratif (Kategori UKT tertinggi);
  • Bagi Calon Mahasiswa yang lulus SNMPTN dan berstatus/memiliki KIP-K tetap melakukan pembayaran UKT untuk Semester 1 sesuai dengan yang ditetapkan oleh sistem dan untuk seleksi KIP-K akan diagendakan selanjutnya;
  • Bagi seluruh siswa yang lulus tidak ada agenda berkumpul di kampus;
  • Seluruh informasi akan di umumkan di Website resmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung https://pmb.uinsgd.ac.id ;
  • Agenda/Jadwal PMB akan ada di setiap postingan jalur penerimaan
  • Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat dilakukan di seluruh kantor layanan Bank Jabar Banten Syariah (BJBS).
Informasi selengkapnya bisa dilihat dengan mengakses link ini.

5. Pendaftaran Ulang di UIN Malang

Dalam pengumuman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, para peserta SPAN-PTKIN 2021 yang lolos masuk kampus ini wajib mengisi biodata secara online pada tangggal 12-25 April 2021.

Pengisian biodata secara online itu bisa dilakukan melalui www.uin-malang.ac.id/daftarulang.

Pada saat pengisian biodata online, para calon mahasiswa diharuskan mengunggah sejumlah data, seperti: slip gaji orang tua; pas foto 3x4 background merah; KK; foto keluarga; dokumen terkait PBB, rekening listrik, dan tagihan PDAM, foto rumah, dan surat pernyataan bermaterai Rp10 ribu.

Keputusan Rektor UIN Malang mengenai besaran UKT calon mahasiswa dari jalur SPAN-PTKIN 2021 (plus Biaya Pengembangan Kelembagaan dan Pendidikan Ma'had) akan diumumkan pada 28 April 2021.

Lalu, pembayaran UKT dan biaya pengembangan harus dilakukan oleh calon mahasiswa pada tanggal 28 April-7 Mei 2021.

Setelah itu, calon mahasiswa wajib menyetor sejumlah dokumen untuk pendaftaran ulang/validasi secara online, pada tanggal 7-11 Juni 2021, melalui laman verifikasi.uin-malang.ac.id.

Informasi yang lebih lengkap bisa dilihat melalui link ini atau link ini.

Baca juga artikel terkait SPAN PTKIN 2021 atau tulisan lainnya dari Addi M Idhom

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH