Menuju konten utama

Jadwal Daftar Kampus Mengajar Angkatan 3, Syarat & Cara Mendaftar

Berikut ini jadwal pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 3, syarat daftar Kampus Mengajar, serta cara mendaftar jadi peserta Kampus Mengajar. 

Jadwal Daftar Kampus Mengajar Angkatan 3, Syarat & Cara Mendaftar
Guru menerangkan pelajaran kepada siswa saat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD N Simbangdesa 1, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp.

tirto.id - Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 3 dibuka pada tanggal 25 November 2021. Jadwal pendaftaran peserta kegiatan yang menjadi bagian dari program Kampus Merdeka Kemendikbudristek tersebut dibuka selama 16 hari.

Kampus Mengajar adalah program yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk membantu guru dan kepala sekolah level SD dan SMP dalam menggelar kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Program ini dijalankan selama 1 semester.

Mahasiswa yang menjadi peserta Kampus Mengajar bisa mendapatkan sejumlah manfaat, yakni: Konversi SKS untuk memenuhi syarat penyelesaian gelar sarjana sekitar 20 SKS; Biaya hidup dan bantuan akomodasi; Potongan UKT; Sertifikat peserta Program Kampus Mengajar.

Selain itu, program Kampus Mengajar bisa memberi pengalaman bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam mengajar, berkolaborasi dengan guru SD dan SMP, hingga mendalami sejumlah jenis softskill.

Berikut ini detail informasi mengenai jadwal pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 3 hingga kegiatan berakhir, persyaratan daftar, hingga tata cara mendaftar.

1. Jadwal Pendaftaran dan Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3

  • Jadwal Pendaftaran Peserta: 25 November - 10 Desember 2021
  • Jadwal Seleksi Peserta: 13 - 24 Desember 2021
  • Jadwal Pembekalan Peserta: 3 - 31 Januari 2022
  • Jadwal Pemberangkatan Peserta: 3 - 14 Januari 2022
  • Jadwal Penugasan Peserta: 10 Januari - 10 Juni 2022
  • Jadwal Penarikan Peserta: Juli 2022 (akhir kegiatan).

2. Syarat Umum Pendaftaran Jadi Peserta Kampus Mengajar

  • Mahasiswa aktif dari prodi S1 dan vokasi PTN/PTS di bawah Ditjen Dikti, Kemendikbudristek
  • Minimum berada di semester 4 pada tahun akademik 2021/2022
  • Punya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3 dari skala 4
  • Berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi
  • Berasal dari Program Studi dengan akreditasi minimum B (Baik Sekali)
  • Diutamakan memiliki prestasi, pengalaman mengajar dan berorganisasi (sebagai tambahan poin penilaian)
  • Belum pernah diterima di Kampus Mengajar Perintis, Kampus Mengajar Angkatan 1 dan 2
  • Memperoleh surat rekomendasi dari prodi yang diketahui pimpinan perguruan tinggi (fakultas/sekolah tinggi/institut/universitas) untuk mengikuti kegiatan Kampus Mengajar.

3. Syarat Dokumen untuk Pendaftaran Peserta Kampus Mengajar

  • Dokumen yang wajib disiapkan dan diunggah maksimal 2 MB dalam format pdf
  • Transkrip nilai
  • Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit
  • Surat rekomendasi dari Perguruan Tinggi asal*
  • Surat persetujuan bermaterai dari orang tua/wali untuk ditempatkan di mana saja*
  • Surat pakta integritas bermaterai*
  • (*) Format dari dokumen dapat diunduh di dalam formulir pendaftaran pada platform Kampus Merdeka
  • Dokumen tambahan yang dapat diunggah (opsional): Bukti pengalaman berorganisasi atau mengajar dajn Sertifikasi prestasi jika ada.

4. Tata Cara Pendaftaran Kampus Mengajar

Proses pendaftaran menjadi calon peserta program Kampus Mengajar terdiri atas dua tahap. Pertama, melakukan pendaftaran aku Kampus Merdeka. Kedua, melakukan pendaftaran program Kampus Mengajar.

a. Cara Daftar Akun Kampus Merdeka

  • Buka laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id
  • Klik tombol "Masuk" di pojok kanan atas versi desktop (pojok kanan bawah versi mobile)
  • Klik tombol "Daftar"
  • Pilih peran sebagai "Mahasiswa" lalu klik tombol "Selanjutnya"
  • Isi detail informasi untuk akun yang akan dibuat berupa alamat email dan kata sandi, lalu klik "Selanjutnya"
  • Kata sandi minimal 8 karakter dan mengandung kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka
  • Masukkan data yang diperlukan (Perguruan Tinggi, prodi, Nomor Induk Mahasiswa, NIK, Tanggal Lahir)
  • Perguruan Tinggi dan Prodi merupakan Pilihan, jadi harus klik dari pilihan yang ada untuk melanjutkan
  • Centang kotak persetujuan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, lalu klik "Selanjutnya"
  • Data akan disesuaikan dengan Data PDDIKTI
  • Jadi, mahasiswa harus terdaftar di sistem PDDIKTI untuk dapat membuat akun Kampus Merdeka
  • Lakukan pengecekan apakah data sudah sesuai atau belum. Jika sudah, klik "Selanjutnya"
  • Jika belum, mahasiswa bisa memeriksa data di PDDIKTI atau melapor ke administrasi perguruan tinggi
  • Jika data benar, email aktivasi akan dikirim ke alamat email yang sebelumnya telah didaftarkan
  • Buka pesan dari noreply-kampusmerdeka, lalu klik tautan yang ada di email untuk melakukan aktivasi akun
  • Setelah melakukan aktivasi, akun sudah aktif dan bisa dipakai masuk ke Platform Kampus Merdeka.

b. Cara Daftar Peserta Kampus Mengajar

1) Buka laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

2) Kemudian login dan klik “Program”

3) Selanjutnya akan diarahkan ke halaman Program Kampus Merdeka

4) Silakan pilih "Kampus Mengajar"

5) Setelah memilih program, muncul halaman Registrasi yang terdiri dari beberapa form

6) Unggah Dokumen Wajib (Semua File yang di unggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 2 MB)

7) Mahasiswa wajib mengunggah dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Transkrip Nilai (Jika Mahasiswa telah mengunggah transkrip nilai sebelumnya di bagian ‘Lengkapi Dokumen’, data transkrip nilai akan otomatis terisi).
  • Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/RS
  • Surat Rekomendasi dari Perguruan Tinggi asal Mahasiswa (template tersedia)
  • Surat Persetujuan Bermaterai dari orang Tua/Wali untuk ditempatkan di mana saja (template tersedia)
  • Surat Pakta Integritas Bermaterai (template tersedia)
  • Template bisa diunduh. Isi template sesuai instruksi, scan, lalu unggah di kolom yang tersedia.

8) Jika mengunggah dokumen yang salah, Mahasiswa dapat menghapusnya dengan mengklik tombol ‘Hapus File’ dan mengunggah kembali yang baru atau mengganti dokumen dengan mengklik tombol ‘Ganti File’

9) Setelah melengkapi form dokumen wajib klik tombol "selanjutnya" untuk menyimpan dokumen yang telah diunggah dan melanjutkan ke halaman berikutnya.

10) Unggah Dokumen Pendukung. Setelah mengisi form Dokumen Wajib, selanjutnya Mahasiswa diarahkan untuk melengkapi form Unggah Dokumen Pendukung yang sifatnya optional, seperti dokumen Bukti Pengalaman Berorganisasi/Mengajar dan Sertifikasi Prestasi Mahasiswa.

11) Klik 'Selanjutnya' untuk ke tahapan berikutnya.

12) Jika Mahasiswa telah melengkapi kontak pribadi sebelumnya di halaman profil, maka informasi kontak pribadi dan alamat domisili akan otomatis terisi. Mahasiswa hanya perlu memeriksa dan dapat mengubahnya jika ada data yang belum sesuai.

13) Namun jika Mahasiswa belum melengkapi data profil, maka Mahasiswa harus memasuki data berikut:

  • Informasi Kontak Pribadi diisi dengan Nomor Ponsel yang aktif
  • Alamat Domisili (tempat tinggal saat ini hingga 6 bulan ke depan)
  • Pilih Provinsi (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan lokasi)
  • Pilih Kota Kabupaten (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan kota/kabupaten)
  • Pilih Kecamatan (ketika di klik akan muncul dropdown pilihan kecamatan)
  • Pilih Kelurahan (ketika di klik akan muncul dropdown pilihan kelurahan)
  • Kode Pos diisi sesuai tempat tinggal sekarang
  • Alamat diisi sesuai tempat tinggal sekarang
  • Preferensi Provinsi Penempatan selain provinsi domisili
  • Pilih Provinsi Penempatan (penempatan final akan ditentukan oleh panitia).

14) Jika sudah, klik 'Selanjutnya'

15) Mahasiswa akan diarahkan untuk melengkapi Form Data Akademik. Untuk Data Perguruan Tinggi, Semester dan IPK sudah terisi otomatis, selanjutnya Mahasiswa diminta untuk mengisi kolom berikut:

  • Jurusan (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan jurusan)
  • Rumpun ilmu (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan Rumpun ilmu).

16) Setelah melengkapi form klik tombol ‘Selanjutnya’

17) Kemudian, Mahasiswa harus mengisi form kontak darurat. Jika Mahasiswa telah melengkapi kontak darurat sebelumnya di halaman profil, maka informasi kontak darurat akan otomatis terisi. Mahasiswa hanya perlu memeriksa dan dapat mengubahnya jika ada data yang belum sesuai.

18) Setelah melengkapi form klik tombol ‘Selanjutnya’

19) Periksa kembali semua data yang telah dimasukkan dengan cara mengklik tombol yang tersedia di sebelah kanan data. Pastikan seluruh informasi yang tertera sudah benar dan sesuai. Setelah itu klik tombol ‘Selanjutnya.’

20) Memberi checklist terhadap Pernyataan Kesanggupan dan Komitmen. Mahasiswa harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua Pernyataan Kesanggupan dan Komitmen dalam program ini.

21) Setelah selesai men-checklist pernyataan kesanggupan dan komitmen, klik ‘Daftar’ untuk mengirim semua data dan mengirim pendaftaran.

22) Setelah tombol ‘Daftar’ di klik dan pemberitahuan ‘Sukses’ muncul, maka data pendaftaran telah berhasil tersimpan.

Informasi selengkapnya mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran program Kampus Mengajar bisa diakses melalui link ini.

Baca juga artikel terkait KAMPUS MERDEKA atau tulisan lainnya dari Addi M Idhom

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya