Jadwal Copa America 2021 Grup B, Daftar Negara Peserta, Klasemen

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Copa America 2021 pertandingan Grup B dimulai 14 Juni mendatang. Grup ini dihuni oleh Argentina, Bolivia, Uruguay, dan Chile.
tirto.id - Jadwal Copa America 2021 Grup B akan dimulai pada Selasa, 14 Juni 2021. Daftar tim peserta di grup ini ialah Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile, dan Paraguay. Duel antara Argentina vs Chile akan menjadi jadwal pembuka di Grup B.

Copa America edisi tahun ini resmi bakal digelar di Brasil. Keseluruhan laga, dari fase grup hingga final, bakal digelar di 4 kota berbeda, termasuk rangkaian pertandingan di Grup B.

Di antara kota yang akan menjadi tuan rumah adalah Brasilia, Rio de Janeiro, Goiania, dan Cuiaba. Adapun stadion yang menggelar rangkaian laga Grup B di antaranya Stadion Nilton Santos, Stadion Olimpico Pedro Ludovico, Stadion Pantanal, dan Stadion Mane Garrincha.

Sementara itu, Stadion Maracana hanya akan menggelar laga final yang dihelat pada 10 Juli mendatang.

Dua tim yang akan bersua di laga pembuka Grup B, Argentina dan Chile, baru saja berhadapan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Jumat (4/6) lalu. Duel tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Dalam beberapa perjumpaan terakhir, Argentina memang lebih diunggulkan atas Chile. Namun, di laga-laga penting, Tim Tango kerap kalah atas Chile, seperti dalam final Copa America 2015 lalu.

Di hari yang sama dengan laga Argentina vs Chile, akan ada pula duel antara Paraguay vs Bolivia di Stadion Olímpico Pedro Ludovico, Goiânia.

Bolivia sudah lama tidak merasakan gelar juara Copa America. Terakhir kali mereka meraihnya pada edisi 1963. Usai masa kejayaan itu, Raihan terbaik tim berjuluk La Verde tersebut adalah mencapai final di Copa America 1997. Mereka tumbang di tangan Brasil di partai puncak.

Di lain pihak, raihan Paraguay terbilang lebih mentereng. Mereka telah mengoleksi total 2 gelar Copa America, yakni pada edisi 1953 dan 1979.

Tim berjuluk Las Guaranies itu sebenarnya berkesempatan meraih gelar ketiga di tahun 2011. Namun, Uruguay memumpus asa Paraguay dengan mengalahkannya di final.


Sementara itu, matchday kedua Grup B akan digelar pada 18 Juni mendatang. Akan ada dua pertandingan yang dihelat di 2 stadion berbeda.

Duel Uruguay vs Cile akan dihelat di Stadion Pantanal, Cuiabá. Laga lainnya, antara Argentina vs Paraguay bakal dilangsungkan di Stadion Mane Garrincha, Brasilia.

Pada 21 Juni, akan terjadi bigmatch antara juara Copa America 2011, Uruguay, melawan Bolivia. Duel tersebut akan digelar di Stadion Pantanal.

Uruguay punya kans besar menjuarai Copa America tahun ini. Pasalnya, skuad La Celeste dihuni oleh pemain-pemain berbakat yang telah membuktikan kemampuannya di level klub. Sebut saja nama-nama seperti Matias Vecino, José María Giménez, Fede Valverde, dan Luis Suarez.

Sementara itu, laga lainnya antara Chile vs Paraguay juga akan dihelat di hari yang sama, 18 Juni. Duel antara finalis Copa America 2011 melawan juara edisi 2015 ini akan dihelat di Stadion Mane Garrincha.

Selanjutnya, matchday keempat dan kelima Grup B berurutan akan dihelat pada 24 Juni dan 28 Juni.

Ada dua laga yang dijadwalkan berlangsung pada pada 24 Juni, yakni Bolivia vs Uruguay dan Cile vs Paraguay.

Sementara itu, jadwal terakhir Grup B akan dilangsungkan pada 28 Juni. Duel Bolivia vs Argentina dan Uruguay vs Paraguay akan tersaji di hari itu.


Daftar Negara Peserta Grup B

Berikut ini daftar negara yang akan menghuni Grup B di Copa America 2021:

- Argentina

- Bolivia

- Uruguay

- Chile

- Paraguay

Klasemen Grup B Copa America 2021

Klub Main Menang Poin
Argentina 0 0 0
Bolivia 0 0 0
Cile 0 0 0
Uruguay 0 0 0
Paraguay 0 0 0


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - )

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Ibnu Azis
DarkLight