Jadwal Copa America 2021 Grup A, Daftar Negara Peserta, Klasemen

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Copa America 2021 Grup A diisi: Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, & Venezuela. Laga pembuka grup ini menjadwalkan: Brasil vs Venezuela, Kolombia vs Ekuador.
tirto.id - Jadwal Copa America 2021 akan dibuka dengan laga dari Grup A, antara Brasil vs Venezuela, pada 13 Juni waktu setempat atau 14 Juni dini hari waktu Indonesia . Duel akan dilangsungkan di Stadion Mane Garrincha, Brasilia. Di samping Brasil dan Venezuela, Grup A juga diisi 3 negara lain, yakni: Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Brasil menjadi tim yang paling diunggulkan di Grup A. Selain tercatat sebagai tim tersukses dalam ajang Copa America di grup tersebut, pada kejuaraan edisi tahun ini Brasil juga bertindak sebagai tuan rumah.

Sepanjang sejarah keikutsertaan di ajang Copa America, Timnas Brasil sudah mengoleksi 9 gelar juara. Terakhir kali Tim Samba merebut trofi bergengsi Amerika Selatan itu pada edisi 2019 lalu.

Persiapan Timnas Brasil jelang Copa America 2021 juga terbilang bagus. Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dihelat sebelum putaran final Copa America, Tim Samba sanggup meraih hasil sempurna. Neymar dan kawan-kawan sukses menyapu besih 6 laga Pra Piala Dunia dengan kemenangan.

Di kubu seberang, Timnas Venezuela tercatat belum pernah sekalipun meraih gelar juara Copa America. Torehan terbaik mereka hanya sebatas posisi 4 alias semifinalis pada edisi 2011 silam.

Performa Timnas Venezuela dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga terbilang buruk. Skuad asuhan José Peseiro baru mengemas 1 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kali kalah. Tren negatif tersebut membuat mereka terpuruk di peringkat 9 klasemen sementara.

Laga lain yang tak kalah seru pada hari pembuka Copa America 2021 adalah duel Kolombia vs Ekuador di Stadion Pantanal, Cuiaba.

Timnas Kolombia terbilang sudah sangat lama puasa gelalr Copa America, yang terakhir kali mereka rengkuh pada edisi 2001 silam. Ketika itu timnas berjuluk Los Cafeteros tersebut sukses menundukkan Meksiko dalam laga puncak lewat gol tunggal Ivan Cordoba.

Selang 4 hari kemudian atau pada 17 Juni akan dihelat matchday 2 Grup A. Jadwal pertandingan mempertemukan Kolombia vs Venezuela di Stadion Olimpico Pedro Ludovico, Goiânia. Kemudian Brasil vs Peru di Stadion Nilton Santos, Rio de Janeiro.

Patut diketahui bahwa Timnas Peru juga mengusung misi tersendiri dalam ajang Copa America 2021 ini. Pasalnya pada edisi sebelumnya tim berjuluk La Rojiblanca itu takluk di tangan Brasil dalam laga final yang berkesudahan 1-3.

Usai melakoni laga kontra Peru, tuan rumah Brasil punya selang waktu 6 hari sebelum melakoni partai tiga di Grup A. Baru kemudian pada 23 Juni, Tim Samba akan menjalani big match kontra Kolombia di Stadion Nilton Santos.

Di sisi lain, Kolombia punya tren buruk saat menghadapi Brasil. Los Cafeteros kerap disingkirkan oleh Tim Samba dalam sejumlah laga krusial, seperti: saat perempat final Piala Dunia 2014, serta Gold Cup 2003.


Daftar Negara Peserta Grup A

Berikut ini daftar negara kontestan penghuni Grup A dalam ajang Copa America 2021.
  • Brasil
  • Venezuela
  • Peru
  • Kolombia
  • Ekuador

Jadwal Copa America 2021 Grup A

13 Juni 2021

Brasil vs Venezuela
Stadion Mane Garrincha

Kolombia vs Ekuador
Stadion Pantanal


17 Juni 2021

Brasil vs Peru
Stadion Nilton Santos

Kolombia vs Venezuela
Stadion Olimpico Pedro Ludovico


20 Juni 2021

Venezuela vs Ekuador
Stadion Nilton Santos

Kolombia vs Peru
Stadion Olimpico Pedro Ludovico


23 Juni 2021

Brasil vs Kolombia
Stadion Nilton Santos

Ekuador vs Peru
Stadion Olimpico Pedro Ludovico


27 Juni 2021

Brasil vs Ekuador
Stadion Olimpico Pedro Ludovico

Venezuela vs Peru
Stadion Mane Garrincha


Klasemen Grup A Copa America 2021

Klub Main Menang Poin
Brasil 0 0 0
Kolombia 0 0 0
Ekuador 0 0 0
Peru 0 0 0
Venezuela 0 0 0







Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Oryza Aditama
DarkLight