CPNS Kemendikbudristek 2021

Jadwal Baru Pengumuman Hasil Sanggah CPNS Kemendikbudristek 2021

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 10 Jan 2022 13:16 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal lanjutan terbaru Hasil Pasca Sanggah CPNS Kemendikbudristek 2021 dan Syarat Pemberkasan.
tirto.id - Hasil Pasca Sanggah CPNS Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2021 dijadwalkan akan diumumkan hari ini, Senin (10/1/2022) dan Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya, pengumuman pasca sanggah mengalami penundaan dari jadwal seharusnya yaitu 4 dan 6 Januari 2022. Namun, panitia seleksi, tidak disebutkan secara jelas mengenai alasan ditundanya pengumuman hasil sanggah.

Dengan perubahan jadwal tersebut, maka jadwal pemberkasan dan pengisian daftar riwayat hidup (DRH) ikut tertunda.

Menurut Pengumuman Nomor: 3185/A.A3/KP.01.00/2022 tahap pemberkasan dan pengisian DRH baru bisa dimulai pada 12 hingga 26 Januari 2022.

Cara Cek Pengumuman Hasil Pasca Sanggah CPNS Kemendikbudristek 2021

Pengumuman final atau pengumuman pasca sanggah CPNS Kemendikbudristek 2021 dapat dilihat melalui website cpns.kemdikbud.go.id.

Website tersebut merupakan kanal informasi resmi untuk mendukung pelaksanaan rekrutmen CPNS di Kemendikbudristek.

Pengumuman melalui website cpns.kemdikbud.go.id umumnya akan disampaikan dalam bentuk file PDF yang bisa diunduh secara luas. Selain itu, hasil sanggah juga bisa dicek melalui akun SSCASN masing-masing peserta.

Berikut langkah-langkah untuk melihat hasil pengumuman pasca sanggah CPNS Kemendikbudristek 2021 di SSCASN:

1. Buka laman SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/;

2. Klik "Login" yang letaknya ada di pojok kanan atas halaman utama;

3. Sistem otomatis akan masuk ke halaman login;

4. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password di kolom yang tersedia;

5. Klik "Masuk"

6. Setelah login berhasil peserta akan menemukan halaman yang memuat resume pendaftaran, berikut dengan keterangan kelolosan setiap tahapnya;

7. Cek hasil pasca-sanggah CPNS 2021.

Jadwal Lanjutan Terbaru Seleksi CPNS Kemendikbudristek 2021

Menyusuli Pengumuman kami Nomor 92313/A.A3/KP.01.00/2021 tanggal 25 Desember 2021 tentang Hasil Akhir Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021, dengan ini disampaikan penyesuaian jadwal lanjutan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebagai berikut.

1. Pengumuman Paska Sanggah: 9-11 Januari 2022

2. Pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) 12-26 Januari 2022.

Syarat Dokumen Pemberkasan CPNS Kemendikbudristek 2021


Bagi peserta yang dinyatakan lulus bahkan setelah pengumuman pasca sanggah diwajibkan melakukan pemberkasan dan pengisian DRH.

Di tahap ini peserta disyaratkan untuk mengunggah dokumen-dokumen digital melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Berikut daftar dokumen yang wajib diunggah peserta CPNS Kemendikbudristek pada tahap pemberkasan dan pengisian DRH:

  • Pasfoto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang merah.
  • File scan berwarna ijazah asli dalam format PDF. Khusus bagi lulusan perguruan tinggi diluar negeri, ijazah yang diunggah sudah memperoleh penyetaraan DIKTI.
  • File scan berwarna transkrip nilai asli dalam format PDF.
  • File scan berwarna surat pernyataan 5 poin dan surat pernyataan yang disyaratkan oleh Kemendikbudristek. Setiap file harus ditandatangani diatas materai dan digabung menjadi satu file PDF. Format surat bisa dilihat melalui Lampiral III dan Lampiran IV yang diunduh di link ini.
  • File scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku hingga Maret 2022 dalam format PDF.
  • File scan berwarna surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja di unit pelayanan kesehatan pemerintah. Surat dibuat dan ditetapkan pada Januari 2022. Jika surat keterangan sehat jasmani terpisah dengan surat keterangan sehat rohani, maka digabung menjadi satu file PDF.
  • File scan berwarna surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah yang dibuat dan ditetapkan pada Januari 2022 dalam format PDF.
  • File scan berwarna bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang bagi peserta yang sudah memiliki masa kerja. File bukti pengalaman kerja diunggah dalam format PDF.
  • File scan berwarna hasil cetak (pint out ) daftar riwayat hidup (DRH) yang diunduh dari laman sscasn.bkn.go.id dan sudah ditandatangani diatas materai dalam format PDF. Penulisan nama, tempat lahir, tanggal lahir, serta penandatanganan dokumen wajib menggunakan tinta hitam.



Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Addi M Idhom

DarkLight