Piala AFC 2021

Jadwal AFC Cup 2021 Bali United & Persipura: Indonesia Tuan Rumah?

Penulis: Iswara N Raditya - 23 Jun 2021 19:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal AFC Cup 2021 untuk Bali United dan Persipura terancam batal lantaran belum pastinya tuan rumah.
tirto.id - Jadwal AFC Cup 2021 seharusnya bakal segera dilakoni oleh Bali United dan Persipura Jayapura. Namun, fase grup Piala AFC 2021 Zona ASEAN terancam batal terlaksana lantaran belum pastinya lokasi. Apakah PSSI dan Indonesia berminat jadi tuan rumah?

Rencana semula, pertandingan Grup H dan Grup I AFC Cup 2021 yang termasuk Zona ASEAN serta melibatkan dua wakil Indonesia yakni Bali United dan Persipura akan dihelat di Singapura. Namun, Singapura pada akhirnya mundur karena situasi pandemi COVID-19 di negaranya.

AFC selaku konfederasi sepak bola Asia kemudian menawarkan ke sejumlah negara untuk menjadi tuan rumah sebagai pengganti Singapura, termasuk kepada Indonesia. Hal tersebut diakui oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"AFC memberikan tawaran kepada PSSI untuk menjadi tuan rumah. Namun kami masih mempertimbangkannya karena kondisi COVID-19 yang semakin memburuk di Indonesia," ungkap Yunus Nusi di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (22/6/2021).

“Jadi kami meminta AFC untuk mengomunikasikan semuanya itu ke klub-klub peserta," tambah Sekjen PSSI.

PSSI sampai saat ini masih terus berkomunikasi dengan AFC kendati belum mengiyakan tawaran tersebut mengingat situasi pandemi COVID-19 yang kian meningkat.

Jika PSSI menerima permintaan AFC, kemungkinan besar laga tidak digelar di Jawa yang merupakan wilayah dengan penyebaran COVID-19 tertinggi di Indonesia.

Opsi terkuat untuk menggelar laga grup AFC Cup 2021 Zona ASEAN adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Namun, stadion yang menjadi markas Bali United itu masih direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang.

PSSI juga mempertimbangkan stadion lain di luar Jawa untuk menghelat pertandingan grup AFC Cup 2021 Zona ASEAN yang melibatkan Bali United dan Persipura, seperti Stadion Jakabaring Palembang (Sumatera Selatan) atau Stadion Batakan Balikpapan (Kalimantan Timur).


Jadwal Bali United dan Persipura di AFC Cup 2021

Fase grup AFC Cup 2021 yang sudah selesai dilaksanakan adalah Zona Asia Barat dan Zona Asia Tengah.

Adapun yang belum digelar, selain Zona ASEAN, yakni Zona Asia Selatan dan Asia Timur. Namun, hanya Zona ASEAN yang belum mendapatkan kepastian lokasi di mana pertandingan bakal dihelat.

Bali United seharusnya akan tampil di fase Grup I AFC Cup 2021 pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021. Sedangkan Persipura Jayapura bakal memulai aksinya di Grup H mulai tanggal 29 Juni sampai dengan 5 Juli 2021.

Peserta dan Jadwal AFC Cup 2021 Grup H

  • Persipura Jayapura (Indonesia)
  • Kedah Darul Aman (Malaysia)
  • Lion City Sailors (Singapura)
  • Saigon FC (Vietnam)
29 Juni 2021
Kedah Darul Aman vs Persipura

2 Juli 2021
Persipura vs Lion City Sailors

5 Juli 2021
Saigon FC vs Persipura

Peserta dan Jadwal AFC Cup 2021 Grup I

  • Bali United (Indonesia)
  • Boeung Ket (Kamboja)
  • Hanoi FC (Vietnam)
  • Chanthabouly FC (Laos) atau Kasuka FC (Brunei)
30 Juni 2021
Bali United vs Boeung Ket

3 Juli 2021
Pemenang Play-off vs Bali United

6 Juli 2021
Hanoi FC vs Bali United

Baca juga artikel terkait AFC CUP 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight