Hasil Playoff Piala Dunia 2018

Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2018 Setelah Tahan Imbang Swedia 0-0

Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2018 Setelah Tahan Imbang Swedia 0-0
Pemain tengah Italia Stephan El Shaarawy (R) bersedih pada akhir pertandingan sepak bola FIFA 2018 kualifikasi Piala Dunia antara Italia dan Swedia, di stadion San Siro. Italia gagal mencapai Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958, senin (13/11/2017) . AFP/Miguel MEDINA.
14 November, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Pertandingan leg kedua playoff Piala Dunia zona Eropa antara Italia vs Swedia berakhir dengan skor 0-0.
tirto.id - Italia gagal memetik kemenangan dan hanya bermain imbang 0-0 saat menjamu Swedia pada leg kedua playoff Piala Dunia zona Eropa di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (14/11/2017) dini hari waktu Indonesia. Hasil tersebut membuat Azzuri gagal mendapat tiket ke Rusia tahun depan karena kalah agregat 0-1.

Italia sebenarnya langsung tampil agresif sejak awal laga. Pada menit keenam, mereka membuka peluang lewat tendangan spekulasi Alessandro Florenzi. Namun bola hasil sepakan pemain AS Roma itu masih melebar tipis di kiri gawang.

Pada menit ke-12 giliran Andrea Barzagli mengancam. Memanfaatkan umpan silang Manolo Gabbiadini, ia melepaskan tendangan dari sudut sempit. Gol urung tercipta karena bola hanya melebar di kiri gawang.

Gempuran Italia terus berlangsung. Pada menit ke-14 sepakan Manolo Gabbiadini dari jarak jauh masih mampu diblok, begitu pula upaya serupa Matteo Darmian yang tak menemui sasaran. Peluang Ciro Immobile dari jarak dekat pun tak menemui hasil, umpan cantik Jorginho tak mampu dimanfaatkan sang striker dari sudut sempit.

Swedia sempat sekali merespons pada menit ke-22. Penjaga gawang Italia, Gianluigi Buffon masih kelewat tangguh dan mampu mengamankan bola hasil sepakan Viktor Claesson dari sektor kanan kotak penalti.

Selebihnya, Italia terus menggempur. Pda menit ke-40 sepakan jarak dekat Ciro Immobile masih dapat diblok, sementara tendangan kaki kiri Marco Parolo yang juga dilepaskan dari dalam kotak penalti melayang tinggi di atas gawang.

Aksi overlap dan sundulan Leonardo Bonucci pada menit ke-44 juga tak mengubah angka pada papan skor. Kedudukan tanpa gol pun bertahan hingga turun minum.

Italia yang membutuhkan menang dengan selisih dua gol agar lolos ke Piala Dunia makin agresif di babak kedua. Pada menit ke-53 umpan silang Matteo Darmian hampir saja berbuah manis. Alessandro Florenzi menyambut bola di mulut gawang, namun sepakannya tak menemui sasaran. Lima menit kemudian sepakan jarak dekat Giorgio Chiellini juga urung berbuah gol.

Swedia sempat sekali membalas pada menit ke-60. Marcus Berg melepaskan tendangan dari sektor kanan, tetapi bola masih dapat diblok pemain Italia.

Italia langsung membalas lewat tendangan jarak jauh Antonio Candreva. Lagi-lagi tak berbuah gol.

Kebuntuan hampir saja pecah andai Ciro Immobile lebih tenang. Umpan silang Antonio Candreva gagal dimanfaatkan sang penyerang setelah bola sepakan akhirnya melebar sangat tipis dari gawang.

Italia terus menekan di sisa waktu pertandingan. Antonio Candreva, Alesandro Florenzi, Andrea Belotti, dan para pemain lain berulang kali mendulang peluang. Namun sebagaimana peluang-peluang sebelumnya, tak ada satupun upaya Azzuri yang berujung perubahan angka pada papan skor. Kedudukan 0-0 pun bertahan hingga laga usai, dan Swedia lolos ke piala dunia karena unggul agregat.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/zan)

Keyword