Menuju konten utama

Isuzu Targetkan Perluas Lingkup Usaha di 2024

PT IAMI akan meningkatkan bisnisnya dengan memperluas lingkup usahanya serta menggaet lebih banyak konsumen di tahun 2024.

Isuzu Targetkan Perluas Lingkup Usaha di 2024
Yusak Kristian Solaeman, President Director of PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) saat memberikan sambutan dalam acara Media Gathering Isuzu: Kick off 2024 di Jakarta, 25 Januari 2024. FOTO/Isuzu

tirto.id - Perusahaan otomotif yang berfokus di bidang industri dan komersial, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menunjukkan performa yang luar biasa dan berhasil menunjukkan bisnis yang sustainable di sepanjang tahun 2023 dengan menguasai pangsa pasar kendaraan komersial sebesar 27,7 persen. Melalui pencapaian tersebut, PT IAMI berhasil menarik perhatian konsumen di Tanah Air kala kondisi pasar yang saat ini sedang

mengalami penurunan.

“Kami bersyukur bisa melewati tahun 2023 dan menorehkan pencapaian yang sangat baik dengan memegang teguh prinsip Cautious Optimism. PT IAMI berhasil memaksimalkan sumber daya yang kami miliki serta memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada di tahun 2023, sehingga pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3 persen di tengah penurunan pasar yang terjadi. Seluruh capaian yang PT IAMI dapatkan selama ini akan menjadi sebuah checkpoint menuju 50 tahun Isuzu Indonesia yang akan terus melaju beyond next level," ungkap President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman.

Kepercayaan konsumen pada tahun 2023 ditunjukan oleh penjualan retail PT IAMI yang mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total market kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menempati urutan pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit dan disusul oleh Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit.

Namun, secara persentase, kenaikan yang sangat pesat justru didapat oleh isuzu GIGA dari sektor commercial, di mana ada peningkatan sebesar 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen.

Isuzu Media Gathering 2024

(Ki-Ka) Yusak Kristian Solaeman - President Director PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Kyouko Hikima - Director of Business Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo - Director of Business Solution Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Puti Annisa Moeloek - Marketing Communications Manager PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril - Division Head of Business Strategy Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, dan Rian Erlangga - Deputy Division Head of Business Strategy Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. FOTO/Isuzu

Secara market share, Isuzu GIGA meningkat 4 persen mencapai 17 persen. Prestasi positif yang diraih pada tahun 2023 juga menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar sebesar 4,0 persen. Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia.

Kesuksesan PT IAMI, sebuah entitas yang menjadi bagian dari ASTRA International, yang didapatkan di tahun 2023, ini tidak terlepas dari sepak terjang perusahaan yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1974. PT IAMI senantiasa mendukung ekosistem bisnis Indonesia melalui penyediaan solusi mobilitas melalui penyediaan kendaraan bermotor dengan harga yang kompetitif, biaya yang efisien, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen setia.

Hampir selama 50 tahun hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, PT IAMI sudah melayani jutaan konsumen dari Sabang sampai Merauke dan mendukung kemajuan perekonomian, bisnis, dan perdagangan melalui inovasi yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Isuzu Media Gathering 2024

Rian Erlangga, Deputy Division Head of Business Strategy Division of PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang sedang memaparkan pencapaian IAMI pada 2023. FOTO/Isuzu

Oleh sebab itu, Isuzu kini hadir dengan 3 produk andalannya yakni Isuzu Elf, Isuzu Traga, dan Isuzu Giga yang bisa dipilih oleh konsumen dan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendukung aktivitas usaha, bisnis, atau kebutuhan sehari-hari secara efektif, efisien, serta terjangkau dari berbagai aspek.

Salah satu kunci utama bisnis PT IAMI terus bisa bertahan selama 50 tahun adalah dengan menghadirkan harga yang kompetitif, menyediakan kendaraan yang sesuai serta efisiensi biaya operasional yang begitu baik sehingga bisnis konsumen bisa ikut tumbuh.

Seluruh kendaraan yang ditawarkan oleh PT IAMI juga tidak lupa didukung layanan purna jual melalui penyediaan kendaraan servis dan penyediaan produk suku cadang yang lengkap, mudah dan cepat. Isuzu pun sangat mengapresiasi para konsumen yang telah menjadikan Isuzu sebagai real partner real journey.

Tantangan & Peluang Menuju 50 Tahun Isuzu Indonesia

Kini memasuki tahun emas hadirnya Isuzu di Indonesia, PT IAMI melihat banyak peluang dan tantangan yang sudah siap untuk dihadapi. Berbagai kegiatan dan kampanye untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, serta berbagai inovasi terus dilakukan guna menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

“PT IAMI juga akan meningkatkan bisnisnya dengan memperluas lingkup usahanya serta menggaet lebih banyak konsumen di tahun 2024. Langkah-langkah konkrit yang akan diambil meliputi peningkatan portofolio produk dan penyempurnaan layanan purna jual, memaksimalkan pabrik Isuzu di Karawang, memperbesar ekosistem dan stakeholder, sampai memperkuat pilar-pilar bisnis PT IAMI,” kata Yusak Kristian Solaeman.

Isuzu Media Gathering 2024

(ki-ka) Puti Annisa Moeloek - Marketing Communications Manager PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo - Director of Business Solution Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Yusak Kristian Solaeman - President Director PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Kyouko Hikima - Director of Business Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia dan Attias Asril - Division Head of Business Strategy Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia berdiskusi dengan rekan-rekan media pada acara Media Gathering Isuzu: Kick off 2024 di Jakarta, 25 Januari 2024. FOTO/Isuzu

Pada tahun 2024, PT IAMI sudah menargetkan diri untuk menjual lebih dari 30 ribu unit kendaraan niaga dengan berbagai model atau diperkirakan setara kontribusinya terhadap lebih 30 persen pangsa pasar kendaraan niaga serta meningkatkan pertumbuhan bisnis sparepart hingga 11,3 persen.

Selain itu, PT IAMI juga berencana untuk melakukan pengembangan utilitas pabrik menjadi 75 persen untuk memenuhi permintaan pasar. Konten lokal pada produk-produk Isuzu Indonesia juga akan ditingkatkan agar bisa menghasilkan efisiensi dan efektivitas sehingga akhirnya konsumen mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah tersebut sudah mempertimbangkan proyeksi pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang mencapai lebih dari 5 persen di tahun 2024. Proyeksi ini sangat positif bagi Bangsa Indonesia karena pertumbuhan yang akan dialami oleh Indonesia jauh di atas pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan hanya terjadi 2,9 persen.

Isuzu Media Gathering 2024

(ki-ka) Puti Annisa Moeloek - Marketing Communications Manager PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Rian Erlangga - Deputy Division Head of Business Strategy Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo - Director of Business Solution Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Yusak Kristian Solaeman - President Director PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Kyouko Hikima - Director of Business Directorate PT. Isuzu Astra Motor Indonesia dan Attias Asril - Division Head of Business Strategy Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. FOTO/Isuzu

Kemudian tahun 2024 yang kental dengan suasana politik karena Pemilihan Umum (Pemilu) juga berpotensi menjadi tantangan sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan PT IAMI untuk meningkatkan pertumbuhan bertepatan dengan momen 50 Tahun Isuzu di Indonesia.

Peningkatan perputaran uang yang diperkirakan tembus di Rp179 triliun sanggup mendorong pertumbuhan di sektor retail, tekstil, dan logistik di mana seluruhnya ini membutuhkan kendaraan niaga sebagai bagian dari bisnisnya.

Penulis: Tim Media Servis