tirto.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan realisasi investasi perusahaan di Indonesia telah melampaui angka Rp100 triliun hingga tahun ini.
Direktur Marketing TAM, Jap Ernando Demily, mengatakan bahwa komitmen Toyota di Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tetapi sebagai mitra pembangunan industri.
“Investasi yang telah direalisasikan jumlahnya sudah lebih dari Rp100 triliun. Dan dari semua produk yang kita jual di Indonesia, 90 persen adalah produksi lokal,” katanya dalam acara Astra Media Day 2025, di Jakarta, Selasa (23/9/2025).
Komitmen Toyota itu diiringi dengan pemanfaatan konten lokal yang masif, mencapai 70-80 persen untuk produk yang diproduksi di dalam negeri.
“Dan dari 90 persen produk yang diproduksi lokal itu, lokal kontennya 70-80 persen,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ernando menjelaskan bahwa ekosistem Toyota telah menciptakan dampak ekonomi yang signifikan dan memiliki efek berganda bagi perekonomian nasional.
Saat ini, sebanyak 350.000 insan menggantungkan hidupnya pada rantai nilai Toyota di Indonesia, mencakup pemasok tier pertama dan kedua, karoseri, serta jaringan dealer.
“Jadi Toyota melihat dan berkomitmen bahwa Indonesia bukan cuma pasar untuk menjual, tetapi bagaimana bertumbuh bersama dengan bangsa Indonesia membangun industri di Indonesia,” ucapnya.
Selain itu, Toyota juga terus kontribusi terhadap devisa negara melalui kegiatan ekspor yang menjangkau lebih dari 80 negara. Keberadaan Toyota selama lebih dari 50 tahun di Indonesia diharapkan terus berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan menggerakkan roda perekonomian.
“Multiplier effect-nya Toyota berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia. Dari Toyota Indonesia kita memprovide produk, logistik, dealer, yang tentunya itu menciptakan lapangan pekerjaan,” terangnya.
Penulis: Nanda Aria
Editor: Dwi Aditya Putra
Masuk tirto.id







































