tirto.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyalurkan bantuan air bersih dan sanitasi layak ke 17 provinsi di 53 titik lokasi di seluruh Indonesia. Provinsi-provinsi penerima manfaat itu adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Aceh, Jambi, D. I. Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.
Air bersih dan sanitasi layak merupakan kebutuhan dasar manusia. Salah satu poin dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada sektor lingkungan hidup adalah memastikan masyarakat dapat dengan mudah mencapai akses air minum dan sanitasi yang layak. Mengutip data Kementerian PUPR, pada tahun 2022 ada 35,3 juta orang di Indonesia yang tidak memiliki akses ke air bersih dan layak. Mayoritas orang yang tidak memiliki akses ke air bersih dan layak tinggal di daerah perdesaan.
Kegiatan penyaluran bantuan ini telah dilakukan sepanjang tahun 2024 dan memberikan manfaat bagi ribuan kepala keluarga di seluruh Indonesia.
Program penyaluran bantuan air bersih dan sanitasi layak merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Telkom. Program ini juga mengimplementasikan target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk mewujudkan 90 persen akses sanitasi layak, serta menyediakan 100 persen akses air minum layak dan 15 persen akses air minum aman pada 2024.
Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom, Hery Susanto, mengatakan bahwa dalam mendukung agenda pencapaian pembangunan berkelanjutan di tahun 2030, Telkom berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. "Salah satunya diimplementasikan melalui pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi masyarakat. Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan khususnya bagi masyarakat di wilayah perdesaan,” ungkap Hery, dalam keterangan yang diterima Tirto.id, Selasa (8/10/2024).
Di lain kesempatan, Andri, perwakilan penerima manfaat, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. ”Terima kasih Telkom Indonesia atas program bantuan ini. Saya bersama warga desa lainnya sangat bersyukur dan merasa terbantu sekali. Sekarang, kami tidak lagi merasa kesulitan untuk mengakses air bersih.”
Telkom berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran bantuan air bersih dan sanitasi layak ini. Diharapkan pula program ini dapat terlaksana secara berkelanjutan dan tepat sasaran khususnya di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T).
Program ini juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-6, yaitu menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.
(INFO KINI)
Penulis: Tim Media Servis