tirto.id - Sebagai penyedia layanan transportasi, Grab memastikan tidak hanya mengutamakan kepuasan para pelanggan, tetapi juga kesejahteraan para mitra driver. Hal ini diwujudkan melalui fitur bertajuk “Traktir Driver” yang telah diluncurkan sejak Maret 2020.
Head Marketing Food, Mart, and Omni Grab, Priyo Wisaksono, mengungkapkan bahwa sepanjang Februari 2024 hingga Maret 2025, fitur ini telah mentraktir mitra pengemudi dengan total jumlah mitra yang telah menerima bantuan dari pelanggan lebih dari 5 ribu orang.
"Sepanjang Februari 2024 hingga Maret 2025, total jumlah mitra driver yang telah menerima produk dari pelanggan lebih dari 5 ribu driver," ujarnya dikutip dari keterengan tertulis yang diterima Tirto, Senin (24/3).
Dalam inisiatif ini, pelanggan Grab memberikan beragam jenis produk kepada mitra pengemudi, dengan total lebih dari 13 ribu SKU per unit. Kebutuhan pokok seperti sembako menjadi pilihan yang paling favorit.
“Produk yang paling banyak diberikan kepada mitra driver adalah kopi susu, teh, air mineral, gula pasir, minyak goreng, biskuit crackers, dan paket sembako,” tambahnya.
Adapun penyaluran ini tidak hanya berasal dari Grab. Para pelanggan turut diajak berkolaborasi melalui Traktir Driver yang memberikan kesempatan untuk langsung mengapresiasi mitra pengemudi Grab.
Priyo menjelaskan, alur traktir dari pelanggan Grab dapat dilakukan melalui aplikasi Grab. Pelanggan dapat memilih layanan Mart, kemudian klik GrabMart Kilat untuk menuju fitur Traktir Driver.
Fitur Traktir Drivermenghadirkan aktivasi traktir sekaligus belanja bagi para pelanggan. Melalui fitur ini, traktir yang diberikan oleh pelanggan disalurkan kepada mitra pengemudi.
“GrabMart Kilat, salah satu bisnis vertikal milik Grab, mempunyai aktivasi marketing spesial ‘Traktir Driver’, di mana pelanggan dapat berbelanja kebutuhan di GrabMart sambil mentraktir driver,” jelasnya.
GrabMart Kilat memungkinkan pelanggan berbelanja online guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dari berbagai toko GrabMart yang telah bermitra dengan ribuan toko di lebih dari 40 kota di Indonesia, mulai dari minimarket, supermarket, toko spesialis, hingga pasar tradisional dan apotek.
Hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, pesanan akan sampai ke tangan pelanggan. Sebab itu, pelanggan juga dapat mengapresiasi mitra pengemudi dengan menambahkan pilihan item dari Traktir Driver dalam pembelian.
Lebih lanjut, Grab memastikan inisiatif ini terus berjalan. Dengan begitu, para pengguna dapat berbagi kebaikan bersama Grab dalam melipatgandakan semangat para mitra.
“Inisiatif Traktir Driver berjalan sepanjang tahun,” tegas Priyo.
Editor: Dwi Ayuningtyas