Piala Dunia 2018

Inggris Lolos Perempat Final dan Pecahkan Kutukan Adu Penalti

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Juli 2018
Kemenangan penalti Inggris didapat pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 kontra Kolombia.
tirto.id - Timnas Inggris resmi lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 usai menaklukkan Kolombia pada babak 16 besar lewat drama adu penalti (3-4), usai menyudahi waktu normal dan babak tambahan waktu dengan skor 1-1. Hasil ini juga menjadi kali pertama The Three Lions menyudahi drama adu penalti dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia dengan kemenangan.

Sebelumnya, The Three Lions memiliki semacam 'kutukan' tiap melakoni adu penalti dalam ajang Piala Dunia. Tercatat pada edisi 1990, 1998, dan 2006 mereka selalu tersingkir lewat narasi yang hampir sama--kalah dalam babak tos-tosan.

Pada edisi 1990 di Italia, kekalahan adu penalti Inggris terjadi dari Jerman di babak semifinal. Berikutnya, dalam Piala Dunia 1998, mereka ditundukkan Argentina lewat situasi yang sama, tepatnya di babak 16 besar. Sementara dalam turnamen tahun 2006 di Jerman, Inggris kalah penalti dari Portugal dalam duel di perempat final.


Jalan Inggris untuk memecahkan kutukan penalti dalam duel kontra Kolombia memang tak mudah. Hingga penendang kedua berlalu, skor penalti masih 2-2, di mana Harry Kane dan Marcus Rashford menjadi penyumbang angka The Three Lions, sedangkan dua tendangan berhasil Kolombia tercipta lewat aksi Radamel Falcao dan Juan Cuadrado.

Di penendang ketiga, Inggris bahkan sempat tertinggal. Keberhasilan Luis Muriel menaklukkan Jordan Pickford serta kegagalan Jordan Henderson mengecoh David Ospina membuat kedudukan menjadi 3-2.

Pada dua giliran terakhir, barulah Inggris bangkit untuk membalikkan keadaan. Jordan Pickford tampil gemilang dengan menahan tendangan Carlos Bacca, sementara penendang lain Kolombia--Uribe--gagal. Adapun dua penendang Inggris, Kieran Trippier dan Eric Dier sukses menggetarkan gawang. Skor akhir adu penalti adalah 3-4 untuk kemenangan Inggris.

Pada perempat final Piala Dunia 2018, Ingris sendiri dijadwalkan menantang Swedia. Duel Swedia vs Inggris dijadwalkan di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) pukul 21.00 WIB.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight