Menuju konten utama

Industri Mode Indonesia Dinilai Punya Potensi Besar

Industri mode Indonesia dinilai punya potensi pasar dalam pengembangan industri ekonomi kreatif Indonesia. Hal itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Moazzam Malik dalam kunjungannya ke Universita Surabaya (Ubaya), Kamis (23/6/2016).

Industri Mode Indonesia Dinilai Punya Potensi Besar
Sejumlah model membawakan karya desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC), Lia Mustafa saat fashion show bertema "grey zone" di JCM, Yogyakarta, Sabtu (28/5) malam. Antara foto/Regina Safri.

tirto.id - Industri mode Indonesia dinilai punya potensi pasar dalam pengembangan industri ekonomi kreatif Indonesia. Hal itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Moazzam Malik dalam kunjungannya ke Universita Surabaya (Ubaya), Kamis (23/6/2016).

"Pada era digital ini bisnis berbasis ekonomi kreatif mendapatkan tempat tersendiri bagi konsumen, terutama mode Indonesia yang memiliki ciri khas budayanya," katanya.

Malik menyampaikan peningkatan kemampuan sumber daya manusia di sektor ekonomi kreatif menjadi faktor penentu agar nantinya ekonomi kreatif menjadi andalan perekonomian.

"Kami berkomitmen mengembangkan bidang ekonomi kreatif yang diperkuat dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Kantor Perdana Menteri Downing Street 10, London, Inggris, Selasa (19/4)," paparnya.

Menurut dia, Indonesia akan menjadi negara ekonomi terbesar ketujuh di dunia pada tahun 2030, sedangkan ekspor berkembang di antara kedua negara dan jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Inggris juga semakin meningkat.

"British Council dan Jakarta Fashion Week yang digelar pada beberapa waktu yang lalu telah melatih para desainer muda Indonesia untuk menampilkan karya mode mereka di London Fashion Week," tuturnya.

Lima desainer muda Indonesia, lanjutnya, berhasil memajang produknya di Department Store besar di London. Dalam jangka waktu seminggu, produknya telah melebihi target penjualan.

"Hal ini berarti produk mode Indonesia telah diterima pasar internasional, karena memiliki ciri khas budaya Indonesia. Kami pun mendorong para desainer muda untuk terus berinovasi di bidang ekonomi kreatif," ujarnya.

Dia mengungkapkan Inggris saat ini telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam delapan bidang, yaitu bisnis, investasi, maritim, riset, inovasi, perhubungan, olahraga dan pendidikan.

"Dalam bidang olahraga, kami mendukung para atlet untuk berlatih mempersiapkan keterampilan mereka dalam olimpiade pada bulan Agustus mendatang," tandasnya.

Baca juga artikel terkait BISNIS

tirto.id - Bisnis
Sumber: Antara