Indonesia Resmi Menjadi Ketua ASEAN 2023

Presiden Joe Biden, tengah, melambaikan tangan bersama para kepala negara, dari kiri, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr., Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo , Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Laos Phankham Viphavan dan Perwakilan Khusus Malaysia untuk Perdana Menteri Azhar Azizan Harun saat foro bersama di KTT ASEAN, Sabtu, 12 November 2022, di Phnom Penh, Kamboja. (AP Photo/Alex Brandon)
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, (tengah) saat berpidato pada pertemuan yang membahas Kawasan Perdagangan ASEAN dengan Australia dan Selandia Baru (AANZTA) di Phnom Penh, Kamboja, Minggu, 13 November 2022. (AP Photo/Heng Sinith)
Presiden AS Joe Biden, tengah, bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, kiri, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, kanan, di KTT ASEAN, Minggu, 13 November 2022, di Phnom Penh, Kamboja. (AP Photo/Alex Brandon)
suasana KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Minggu, 13 November 2022. (AP Photo/Anupam Nath)
Sebuah tarian tradisional Khmer ditampilkan pada jamuan makan malam di KTT ASEAN Sabtu, 12 November 2022, di Phnom Penh, Kamboja (AP Photo/Alex Brandon)
ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi - ASSOCIATED PRESS

Minggu, 13 November 2022 19:40 WIB
Indonesia menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja dan akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023. Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Secara simbolis, Presiden Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

ASEAN berharap agar militer Myanmar dapat menindak lanjuti Lima Poin Konsensus Myanmar.

Konsensus Lima Poin yang disepakati para pemimpin ASEAN menyerukan penghentian kekerasan, dialog dengan semua pemangku kepentingan, menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi mediasi dan dialog, mengizinkan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Myanmar, serta mengizinkan utusan khusus ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu dengan pemangku kepentingan di Myanmar. - ASSOCIATED PRESS


DarkLight