tirto.id - Hyundai resmi menjadi sponsor baru kejuaraan sepak bola antarnegara Asia Tenggara, Piala AFF atau ASEAN Championship. Hal tersebut diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), lewat sebuah acara perilisan yang dihelat di Bekasi, hari Senin (26/5/2025).
Khiev Sameth selaku pejabat Presiden AFF mengungkapkan bahwa kerja sama dengan salah satu perusahaan otomotif raksasa asal Korea Selatan itu menjadi simbol harapan serta masa depan sepak bola di Asia Tenggara.
“Ini adalah momen bersejarah yang menunjukkan betapa jauhnya kita telah melangkah, sekaligus menjadi tonggak menuju masa depan yang ambisius,” jelas Khiev dalam pidato sambutannya, dikutip dari Antaranews.
“Hyundai bukan hanya mendukung turnamen, tapi berdiri bersama kawasan yang lapar akan pertumbuhan, kompetisi, dan cahaya kemenangan. Ini tentang memberi peluang bagi anak-anak muda yang bermimpi membawa bola menuju masa depan,” imbuh Khiev.
Di sisi lain, Sunny Kim selaku Presiden Hyundai Motor Asia Pacific turut mengungkapkan antusiasmenya terhadap peresmian kerja sama Hyundai dengan AFF.
Terlebih saat ini Hyundai menjadi sponsor utama kejuaraan sepak bola yang digadang-gadang paling bergengsi di ASEAN. Ke depan, turnamen Piala AFF bakal menyandang nama Hyundai Cup.
“Hari ini bukan sekadar awal, tapi permulaan dari perjalanan baru bagi komunitas yang tengah berkembang. Kami antusias menyambut masa depan, dan berharap Hyundai Cup menjadi simbol kemajuan dan inspirasi,” ujar Sunny.
Acara peresmian sponsorship Piala AFF kali ini juga turut dihadiri perwakilan legenda pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas.
Sosok yang akrab disapa Bepe tersebut berharap bergabungnya Hyundai yang merupakan salah satu perusahaan besar global, dapat membawa dampak positif terhadap perkembangan sepak bola di ASEAN.
“Ini adalah hal yang sangat positif, bahkan yang terbaik, karena kini perusahaan terbesar di dunia bergabung dengan AFF. Ini menjadi peluang besar untuk menyaksikan program ini bersama, dan saya pikir ini sangat baik bagi perkembangan sepak bola ASEAN secara keseluruhan,” terang Bepe.
Piala AFF pertama kali digelar pada 1996 silam. Kejuaraan ketika itu masih menyandang nama Piala Tiger, lantaran terkait sponsorship dari Tiger Beer.
Piala Tiger berlangsung 1996 sampai 2004. Kemudian edisi 2007 Piala AFF sempat digelar tanpa sponsor utama.
Tahun 2008 sampai 2020, perusahaan asal Jepang, Suzuki, masuk sebagai sponsor utama. Hingga nama kejuaraan berubah menjadi AFF Suzuki Cup.
Kemudian periode pendek tahun 2022 sampai 2024, Mitsubishi Electric sempat mengambil alih status sponsor utama. Lalu berganti ke Hyundai mulai tahun ini.
Sampai saat ini Piala AFF sudah bergulir sebanyak 15 edisi. Namun sayang sekali Timnas Indonesia sama sekali belum pernah menyabet gelar juara. Hasil terbaik Tim Garuda hanya sebatas 6 kali menjadi runner-up.
Sementara Raja Piala AFF disandang oleh Timnas Thailand dengan koleksi 7 trofi. Diikuti Singapura (4 trofi), Vietnam (3 trofi), dan Malaysia (1 trofi).
Editor: Iswara N Raditya
Masuk tirto.id


































